
Study On Vocabulary Mastery And Vocabulary Learning Strategies Applied By Eighth Grade Students Of SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Imam Safi'i
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tingkat penguasaan kosakata, strategi pembelajaran kosakata yang paling dominan digunakan, dan hubungan antara strategi pembelajaran kosakata dan penguasaan kosakata pada siswa kelas delapan smp negeri 1 tarakan. penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain korelasional. sampel yang diambil 142 siswa dengan toleransi kesalahan 1%. pengumpulan data menggunakan tes penguasaan kosakata dan kuesioner strategi pembelajaran kosakata. pearson product moment digunakan untuk analisis data penelitian. hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dikategorikan tingkatan frekuensi menengah pada penguasaan kosakata. strategi yang paling dominan digunakan oleh siswa adalah strategi penentuan dan kognitif. analisis korelasi menemukan ada korelasi yang lemah antara strategi pembelajaran kosakata dan penguasaan kosakata yang ditunjukkan dengan korelasi koefisien .301, hanya dua dari lima strategi, yaitu strategi penentuan dan kognitif dengan korelasi koefisien .312 dan .285. korelasi lemah disebabkan oleh siswa yang hanya senang menerapkan strategi tersebut dan formalitas melengkapi tugas, tetapi tidak untuk menambah kosakata. peneliti merekomendasikan strategi penentuan dan kognitif dalam pembelajaran kosakata untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada tingkat smp.
Abstrak Indonesia
This research aimed was to find out the correlation between vocabulary learning strategies and vocabulary mastery of eighth graders at smp negeri 1 tarakan. this research used a quantitative method with a correlational design. the sample was 142 students were selected with the tolerance error of 1%. the research data were collected using both vocabulary mastery test and vocabulary learning strategy questionnaire. pearson product moment was used to analyze the research data. the results shown that the students were categorized at the moderate frequency level for vocabulary mastery. the most dominant strategies used by the students were determination and cognitive strategies. the correlation analyzes found a weak correlation between vocabulary learning strategies and vocabulary mastery indicated by correlation coefficient of .301 since two out of five strategies, the determination and cognitive strategies with the correlation coefficient of 0.312 and 0.285. the weak correlation is caused that students use the strategies for fun and completing assignment not for word recognition. the researcher recommended that determination and cognitive strategies should be implemented in vocabulary learning to improve the students' vocabulary mastery at the junior high school level.