UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Manajemen Diri Pada Kematangan Emosi Siswa Di SMP 1 Malinau Utara

Hubungan Manajemen Diri Pada Kematangan Emosi Siswa Di SMP 1 Malinau Utara

Pengarang : Tia Maryati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan uji analisis menggunakan korelasi product moment. penelitin ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan manejemen diri pada kematanagan emosi siswa di smp negeri 1 malinau utara. dengan nilai koefisien korelasi 0,029 lebih kecil dari 0,05dengan nilai r 0,287 yang berarti hubungan tersebut rendah atau lemah. jika remaja sudah bisa memanajemen diri maka kematangan emosi siswa juga dapat berpengaruh pada perilaku remaja tersebut. bagi remaja yang menghadapi suatu masalah sehingga membangkitkan emosinya dan tidak dapat mengendalikannya, maka remaja tersebut dikatakan belum memiliki emosi yang matang. instrument penelitian menggunakan skala manajemen diri yang dibuat oleh aris setiawan (2013) dan skala kematangan emosi yang dibuat oleh peneliti sebelumya maria hendrika knoba(2016). teknik sampling yang digunakan adalah dengan jumblh 58 sabjek. berdasarkan hasil penelitian manajemen diri pada siswa dapat dikatakan tinggi terlihat dari hasil analisis keseluruhan sebanyak 23 siswa dari 58 responden dengan skor presentase sebesar 39,65% dan kematangan emosi dapat dikatakan rendah terlihat dari hasil analisis keseluruhan sebanyak 25 siswa dari 58 responden dengan skor presentase 43,10%. kata kunci: hubungan, manajemen diri, kematangan emosi

Abstrak Indonesia

This research used quantitative analysis test using product moment correlation. the research aimed to figure out the relationship of self-management with emotional maturity of students at smp negeri 1 malinau utara. with the correlation coefficient value of low. if adolescents are able to manage themselves, their emotional maturity can also affect their behaviors. for adolescents who face a problem and mature emotions and is unable to control it, then they are said having no matur emotins. the research instrument used self-management scales developed by aris setiawan (2013) and emotional maturity scales developed by the previous researcher maria hendrika knoba (2016). the research samples were 58 students. based on the research, the students’ self-managementwas considered high as shown in the analysis results that 23 of 58 respondents had the percentage value of 39.65%, while the emotional maturity was considered low as seen from the analysis results that 25 of 58 respondents had the percentage value of 43.10%. keywords: relationship, self-management, emotional maturity