UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Menulis Wacana Persuasi Pada Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan

Menulis Wacana Persuasi Pada Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Resky Apriliana Jumatia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana persuasi apa saja yang ada pada teks iklan siswa kelas viii smp negeri 4 tarakan dan untuk lebih memahami dan mendeskripsikan bagaimana teks iklan pada wacana persuasi. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data baca dan catat. penelitian ini kualitatif deskriptif ini berisi kata-kata dan kalimat untuk mendeskripsikan sesuatu secara jelas. sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tugas siswa melalui teks iklan. data penelitian ini adalah kata-kata dan kalimat. jumlah seluruh yang ditemukan dalam penelitian menulis wacana persuasi pada teks iklan siswa kelas viii smp negeri 4 tarakan berjumlah 50 data wacana persuasi. penggunaan wacana persuasi terdiri dari berbagai macam iklan. pengunaan wacana persuasi yang terbanyak berdasarkan klasifikasi adalah wacana persuasi iklan layanan masyarakat (ilm) yaitu sebanyak 21 data, wacana persuasi iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat. wacana persuasi iklan penawaran sebanyak 23 data, wacana persuasi iklan penawaran merupakan iklan yang berisi penawaran produk barang atau jasa kepada masyarakat. wacana persuasi iklan pendidikan sebanyak 6 data wacana persuasi iklan pendidikan merupakan iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang berkaitan dengan pendidikan. berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa data pada wacana persuasi iklan penawaran lebih banyak terkumpul yaitu sebanyak 23 data. siswa lebih tertarik pada teks iklan penawaran (jasa/produk) karena iklan penawaran lebih sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari contoh nya pada iklan di televisi ataupun media sosial.

Abstrak Indonesia

This study aims to find out what persuasive discourse is in the advertising text of class viii smp negeri 4 tarakan and to better understand and describe how the advertising text is in persuasion discourse. this study uses a descriptive qualitative research method with reading and note-taking data collection techniques. this descriptive qualitative research contains words and sentences to describe something clearly. the source of data in this study was obtained from student assignments through advertisement texts. the data of this research are words and sentences. the total number found in the research on writing persuasive discourse in the advertisement text of class viii students of smp negeri 4 tarakan is 50 data on persuasion discourse. the use of persuasion discourse consists of various kinds of advertisements. the most use of persuasive discourse based on classification is the persuasive discourse of public service advertisements (psa), which is 21 data, persuasive discourse of public service advertisements is an advertisement that presents social messages that aim to raise public awareness. persuasive discourse offering advertisements consist of 23 data, persuasive discourse offering advertisements are advertisements that contain offers of goods or services to the public. educational advertisement persuasion discourse as much as 6 data on educational advertising persuasion discourse is an advertisement that presents social messages related to education. based on the results of the study, it was concluded that the data on the persuasive discourse of offer advertisements was collected more than 23 data. students are more interested in the text of offer advertisements (services/products) because offer advertisements are more often found in everyday life, for example in advertisements on television or social media.