UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar SDN 005 Sebatik Barat

Penerapan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar SDN 005 Sebatik Barat

Pengarang : Wahyuni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Peneliti mengambil penelitian mengenai penerapan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar di sdn 005 sebatik barat. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan layanan konseling individual yang dilakukan oleh guru wali kelas 5 dalam menghadapi siswa yang sedang bermasalah di sekolah dasar negeri 005 sebatik barat. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menghasilkan gambaran yang akurat tentang sebuah kelompok, menggambarkan sebuah mekanisme proses atau hubungan dan memberikan gambaran lengkap mengenai penelitian tersebut. subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas 5 yang berada di sdn 005 sebatik barat. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan di sdn 005 sebatik barat adalah layanan konseling individual. adapun layanan konseling individual yang dilakukan oleh guru wali kelas 5 ada beberapa tahap yaitu yang pertama membangun hubungan terhadap siswa, tahap eksplorasi masalah, tahap inti (mengambil tindakan), dan tahap akhir. kata kunci: penerapan layanan bimbingan dan konseling

Abstrak Indonesia

The researcher has conducted research on the implementation of guidance and counseling services at sdn 005 sebatik barat. the purpose of this research was to figure out the implementation of individual counseling services provided by the grade v homeroom teachers to deal with students experiencing problems at sdn 005 sebatik barat. the research used a qualitative method with a descriptive approach to result in an accurate picture of a group, describe a process or relationship mechanism, and provide a complete picture related to the research. the research subjects were the grade v homeroom teachers at sdn 005 sebatik barat the results show that the guidance and counseling services provided at sdn 005 sebatik barat were individual counseling services. the individual counseling services provided by the grade v homeroom teachers had some stages consisting ofbuilding relationship with the related student; problem exploration; taking action, and final stage. keywords: implementation of guidance and counseling services