UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Konflik Interpersonal Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan

Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Konflik Interpersonal Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Minanti Nurulillah Devi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dan konflik interpersonal siswa kelas x di sma negeri 1 tarakan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling. selanjutnya dilakukan analisis dengan model correlation product moment dibantu dengan spss. hubungan komunikasi interpersonal dengan konflik iterpersonal siswa diperoleh pearson correlation -0,185, diketahui nilai rhitung untuk hubungan komunikasi interpersonal dengan konflik interpersonal siswa adalah sebesar 0,287 > rtabel 0,176. maka dapat disimpulkan bahwa hubungan komunikasi interpersonal dengan konflik interpersonal siswa memiliki korelasi akan tetapi hubungan yang terdapat dalam variabel komunikasi interpersonal dengan konflik interpersonal siswa memiliki hubungan yang rendah atau lemah. kata kunci: hubungan, komunikasi, konflik

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to figure out the relationship between interpersonal communication and interpersonal conflict of grade x students at sma negeri i tarakan. this research used a quantitative research type with a correlation approach. the samples were selected using a non-probability sampling technique. furthermore, the research analysis was conducted using the product moment correlation model assisted with spss. the relationship between interpersonal communication and student interpersonal conflict was obtained by pearson correlation at -0.185 with the r-count value for interpersonal communication relationship with student interpersonal conflict of 0.287 > r-table 0.176. thus, it can be concluded that interpersonal communication had the relationship with student interpersonal conflict, yet the relationship between interpersonal communication and student interpersonal conflict was low or weak. keywords: relationship, communication, conflict