UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Sikap Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Sikap Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Sania Letek Ola

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa; pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa; pengaruh sikap siswa dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 10 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa di kelas ix smp negeri 10 tarakan. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner sikap siswa dan kemandirian belajar siswa dan dokumen penilaian tengah semester (pts) semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan statistik yaitu menggunakan aplikasi spss 23.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara sikap siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 10 tarakan dengan persamaan regresi Ŷ = 32, 924 + 0, 638 x1, dan terdapat pengaruh secara parsial kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 10 tarakan dengan persamaan regresi Ŷ = 35, 660 + 0, 590 x2. selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara sikap siswa dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 10 tarakan, dengan persamaan regresi Ŷ = 33, 837 + 0, 724x1 - 0, 098x2. kata kunci: sikap siswa, kemandirian belajar, prestasi belajar matematika

Abstrak Indonesia

This research aimed to figure out: the influence of attitude on students’ mathematical learning achievement; the influence of independent learning on students’ mathematical learning achievement; the influence of attitude and learning independence on mathematical learning achievement of grade ix students of smp negeri 10 tarakan. this research was conducted in the odd semester of academic year 2021/2022. the study used quantitative research with survey method. the research population was all grade ix of smp negeri 10 tarakan. the research samples 88 students at grade ix of smp negeri 10 tarakan collected using a simple random sampling technique. the data were collected by distributing questionnaires on attitude and learning independence as well as mid-semester assessment documents at the odd semester of academic year 2021/2022. the obtained data were statistically processed using the application of spss 23.0. the research results show that students’ attitude partially influenced mathematical learning achievement of grade ix students of smp negeri 10 tarakan with the regression equation of y = 32.924 + 0.638x_1, and independent learning partially influenced mathematical leraning achievement of grade ix students of smp negeri 10 tarakan with the regression equation of y = 35.660 + 0.590x_2. in addition, the result show that students’ attitude and learning independence simultaneously influenced the mathematical learning achievement of grade ix students at smp negeri 10 tarakan, with the regression equation of y = 33.837 + 0.724x_1 – 0.098x_2. keywords: student attitude, independent learning, mathematical learning achievement