
The Effectiveness Of Example Non Example Model To Improve Students’ Writing Ability On Descriptive Text At The Seventh Grade Of SMPN 3 Tarakan
Pengarang : Maruf Mudrikah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan example non example sebagai model dalam pengajaran menulis pada siswa kelas vii smpn 3 tarakan. penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental dan siswa kelas tujuh di smpn 3 tarakan sebagai populasi pada tahun ajaran 2018/2019. jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. vii.3 menjadi satu-satunya kelas yang menjadi contohnya. terdiri dari 31 siswa. ada tiga tahap dalam penelitian ini yaitu pretest, treatment dan posttest. dalam pretest, para siswa diminta menulis teks deskriptif yang berhubungan dengan idola, hewan peliharaan dan benda kesukaan. setelah pretest, peneliti memberi treatment. kelas treatment diajar dengan menggunakan example non example sebagai metode. setelah memberikan treatment, siswa diminta kembali menulis teks deskriptif yang berhubungan idola, hewan peliharaan dan benda kesukaan sebagai posttest. disamping itu, peneliti menggunakan deskriptif analisis untuk menganalisis data dan spss 22.0 digunakan untuk analisis statistik. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor rata-rata antara pretest dan posttest. hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa. skor mereka adalah 58.97 di pretest dan 72.32 di posttest. artinya, peningkatan nilai rata-rata siswa adalah 13.350. dapat dilihat bahwa peningkatan nilai rata-rata siswa pada posttest lebih tinggi daripada pretest dan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dari nilai menulis siswa antara pretest dan posttest. hasil dari paired sample test menunjukkan bahwa t-test adalah 7.585 lebih tinggi dari t-tabel (2.042). sehingga 7.585 > 2.042 jadi ha diterima dan ho ditolak. sedangkan hasil sig (2 tailed) 0,000 lebih rendah dari 0,05, artinya example non example model memberikan kontribusi dalam kemampuan menulis siswa di teks deskriptif. dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dalam penulisan teks deskriptif setelah treatment yang diberikan oleh peneliti dan example non example sebagai model efektif dalam pengajaran menulis teks deskriptif.
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to find out the significant in students’ writing ability before and after being taught using example non example model at seventh grade of smpn 3 tarakan. this research used pre experimental design and seventh grade students at smpn 3 tarakan as the populations in academic years of 2018/2019. the numbers of sample in this research were 31 students which were chosen by using purposive sampling technique. vii.3 become the only class that was being as the exampl. it consisted of 31 students. there were three steps in this research namely pretest, treatment and posttest. in pretest, the students were asked to write a descriptive text related to idol, pets and favorite things. after pretest, the researcher gave treatment. the treatment class was taught by example non example as model. after giving the treatment, students were asked to write descriptive text related to idol, pets and favorite things again in the posttest. besides that, the researcher used descriptive analysis as the data analysis and spss 22.0 for analyzed the statistics. the research result showed that there was different mean score between pretest and posttest. it was proven by the result of the students’ mean score. they were 58.97 in pretest and 72.32 in the posttest. it means that the improvement of the students’ mean score was 13.350. it can be seen that the improvement of students’ mean score in the posttest was higher than pretest and it indicated that there was significant difference from students’ writing score between pretest and posttest. the result of paired sample test showed that t-test computation was 7.585 higher than t-table (2.042). so, 7.585 > 2.042 it means ha was accepted and ho was rejected. meanwhile, the result of sig (2 tailed) 0.000 was lower than 0.05, it meant that example non example model can give any contribution to students’ writing ability in descriptive text. from both of the result it can be concluded that there was significant different between pretest and posttest in writing descriptive text after the treatment that was given by the researcher and example non example as model was effective in teaching writing descriptive text.