
The Effectiveness Of Using Dictogloss Technique To Improve Students Listening Comprehension At The Eight Grade Of SMP Frater Don Bosco Tarakan In Academic Years 2017/2018
Pengarang : Oskar Ola Kewegen
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam menggunakan teknik dictogloss dan tanpa menggunakan teknik dictogloss untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mendengarkan di viii kelas smp frater don bosco tarakan. penelitian ini menggunakan quasi-experimental. penentuan sampel dilakukan dengan cara tehnik purposive sampling. terdapat dua kelas yang diperoleh sebagai sampel dalam penelitian ini. kelas yang diberi perlakuan diajarkan meggunakan dictogloss teknik dikelas ekperimen dan tanpa menggunakan dictogloss teknik di kelas kontrol. instrument penelitian ini adalah tes mendengarkan dengan tipe fill in the blanks dan pilihan ganda. data yang diproses adalah data dari pre-test dan post-test dari kelas ekperimen dan kelas kontrol. dalam menganalisis data, peneliti menggunakan independent sample ttest dalam aplikasi 24.0. hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan dari nilai siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. ini dibuktikan pada nilai rata-rata pre-test siswa pada kelas eksperimen sebesar 51,74 dan hasil post-test sebesar 68,70. ini menujukan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 16,96. hasil dari rata-rata dari nilai siswa kelas kontrol pada pre-test sebesar 54,13 dan pada post-test sebesar 62,17 ini menujukan bahwa kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 8,04. ini membuktikan bahwa hasil dari kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. hasil dari independent sampel t-test dan ttable dari pre-test sebesar -712 dan post-test sebesar 2.064 dan t-table sebesar 2,015 atau pada pre-test -712< 2,015 dan pada post-test 2,064 > 2,015. dengan kata lain hipotesis nol (h0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (ha ) diterima. hasil analisis data membuktikan bahwa hasil pengajaran menggunakan dictogloss technique lebih efektif dibandingkan tanpa mengunakan dictogloss technique.
Abstrak Indonesia
This research objective was to know the significant differences using dictogloss technique and without using dictogloss technique to improve students’ listening comprehension at the viii grade of smp frater don bosco tarakan. the design of this research was quasi-experimental research. the sample was chossen by using purposive sampling technique. there were two classes as the sample of this research. the treatment class was taught by using dictogloss technique in experimental class and without dictogloss technique in control class. the instrument of this research was listening test with multipe choice type and fill in the blanks. the data analyses was from pre-test and post-test of the experimental class and control class. in analyzing the data, the researcher used independent sample t-test in spss 24.0. the researcher result shows that there was different mean score between experimental class and control class. it was proven by the result of the students’ mean score from experimental class in the pre-test was 51,74 and in the post-test was 68,70. it mean that improvement by the result of the students’ mean score in experimental class was 16,96. the result of control class in the pre-test was 54,13 and in the post-test was 62,17. it means that the improvement of the students mean score in control class was 8,04. it shows that the improvement of the students’ mean score in experimental class was higher than control class. the result of independent sample t-test and t-table in pre-test was -712 and after treatment was 2,064 and t-table 2,015 or in pre-test -712 < 2,015 and in post-test 2,064 > 2,015. in other words, the null hypothesis (h0 )is rejected and alternative hyphothesis (ha ) is accepted. the result of analysis data result proves that taught by using dictogloss technique is more effective than without using dictogloss technique.