
Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dengan Media Kartu Cerita
Pengarang : Dewi Sartika
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Penelitian tindakan kelas (ptk) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas viii-9 smp negeri 4 tarakan menggunakan model pembelajaran think talk write dengan media kartu cerita. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. pada penelitian ini, peneliti memperoleh sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama melalui model pembelajaran think talk write dengan media kartu cerita dapat meningkatkan pembelajaran menulis khususnya menulis naskah drama pada siswa kelas viii-9 smp negeri 4 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. pada aspek kognitif ketuntasan hasil belajar siswa siklus i sebesar 56,75% dan meningkat menjadi 84,38% pada siklus ii. pada aspek afektif siklus i dengan 4 penilaian yaitu disiplin, jujur, tanggung jawab dan sopan santun ketuntasan hasil aspek afektif sebesar 78,12% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. aspek psikomotorik siklus i dengan 3 penilaian yaitu mempersiapkan diri sebelum pembelajaran dimulai, membuat naskah drama dan mempresentasikan hasil penulisan naskah drama ketuntasan hasil belajar aspek psikomotorik sebesar 90,62% pada siklus ii meningkat menjadi 100%. hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus i dengan 4 penilaian yaitu antusias siswa, keaktifan siswa, konsentrasi siswa, dan situasi pembelajaran ketuntasan aktivitas siswa sebesar 67,47% pada siklus i dan meningkat menjadi 89,15% pada siklus ii. hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus i sebesar 66,79% dan meningkat menjadi 93,74 pada siklus ii. berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran drama menggunakan model pembelajaran think talk write dengan media kartu cerita siswa telah menguasai pembelajaran menulis naskah drama dengan baik selain itu siswa menjadi lebih kreatif merangkai kata-kata dalam dialog naskah drama dengan bahasanya sendiri.
Abstrak Indonesia
The aims of this classroom action research (car) is to improve the writing skill on writing drama script at the viii-9 grade students of smp negeri 4 tarakan using think talk write model with card story media. this research was conducted in two cycles, each cycle consisted of four steps such as, planning, acting, observing, and reflecting. in this research, the researcher collected the data, by observation of student activity sheet, observation of teacher activity sheet, and the result of study on cognitive, affective and psychomotor aspects. the result of this research showed that the learning of writing drama script using think talk write model with story card media can improve the writing skill especially in writing drama script at the viii-9 grade students of smp negeri 4 tarakan. it can be seen from the result of each cycle. on cognitive aspect of the result of study students in cycle i was 56 .75% and improve to 84.38% in cycle ii. on affective aspect cycle i by scoring four aspects such as discipline, honest, responsibility, and respectful the result of affective aspect was 78.12% in cycle ii improve to 100%. psychomotor aspect in cycle i by scoring three aspects such as prepare themselves before start the learning, make drama script and present the result of writing drama script was 90.62% in cycle ii improve to 100%. the result of observing the learning activity of students in cycle i by scoring four aspects such as enthusiasm of students, student activeness, concentration of students, and the situation of learning of student activity was 67.47% in cycle i and improve to 89.15% in cycle ii. the result of observing the teacher activity in cycle i was 66.79% and improve to 93.74 in cycle ii. based on the result of the students learning on drama using think talk write model with story card media they can understand well the learning of writing drama script and also they be more creative in choosing the words in the dialogue of drama script with their own language.