
Pengaruh Kepercayaan Dan Resiko Pada Niat Bertransaksi Secara Online Pendekatan Technology Acceptence Model (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Tarakan)
Pengarang : Laela Mucharomah Wulan Dari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) kepercayaan (2) perceived usefulness (3) perceived ease of use (4) resiko (5) niat bertransaksi pada masyarakat kota tarakan. penelitian ini menggunakan metode survey dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 230. teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. penelitian ini menggunakan teknik analisis sem (structural equation modeling) yang dioperasikan menggunakan software pls versi 3.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepercayaan berpengaruh positif terhadap niat bertransaksi menandakan bahwa semakin meningkat kepercayaan maka semakin tinggi juga niat bertransaksi (2) perceived usefulness berpengaruh positif terhadap niat bertransaksi menandakan bahwa semakin baik perceived usefulness maka semakin positif niat untuk bertransaksi (3) perceived ease of use berpengaruh positif terhadap niat bertransaksi menandakan bahwa semakin baik perceived ease of use maka semakin positif niat untuk bertransaksi . (4) resiko tidak berpengaruh terhadap niat bertransaksi menandakan bahwa semakin tinggi persepsi resiko maka niat kecil dalam melakukan transaksi.
Abstrak Indonesia
This research aimed to examine the effect of (1) trust, (2) perceived usefulness, (3) perceived ease of use, (4) risk, and (5) transaction intention to tarakan people. the research used a survey method and purposive sampling technique with 230 respondents. the research data were collected using questionnaires. this research emlpoyed sem (structural equation modeling) analysis technique operated using pls software version 3.0. the results show that (1) trust positively affected transaction intention, indicating that the increasing the trust, the higher the intention to make transaction (2) perceived usefulness positively affected transaction intention, indicating the better the perceived usefulness, the more positive the intention to make transaction (3) perceived ease of use positively the affected transaction intention, indicating to make transaction. (4) risk did not affect transaction intention, indicating that the higher the risk reception, the lower the intention to make transaction. keywords: trust, technology acceptance model, risk, transaction intention