
Analisis Wacana Argumentasi Pada Pemberitaan Pandemi Covid-19 Di Wilayah Indonesia Dalam Media Sosial Twitter (Kajian Wacana)
Pengarang : Ainur Khoirunnisa Khasanah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana analisis wacana argumentasi pada pemberitaan pandemi covid-19 di wilayah indonesia dalam media sosial twitter (kajian wacana). penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. data yang di ambil dalam penelitian ini berupa wacana argumentasi yaitu komentar yang terdapat pada pemberitaan pandemi covid-19. terkait penelitian ini, penulis hanya sebatas menganalisis pola atau metode pengembangan serta makna dari wacana argumentasi yang terdapat dalam komentar pada pemberitaan pandemi covid-19 di wilayah indonesia dan diperoleh dari media sosial twitter. data yang di peroleh menggunakan teknik baca, simak, dan catat. data dalam penelitian ini kemudian disesuaikan metode pengembangan wacana argumentasi menurut keraf. hasil penelitian menunjukkan terdapat metode pengembangan wacana argumentasi yang digunakan terkait pemberitaan covid-19 di indonesia dalam media sosial twitter. data yang diperoleh terdapat 32 data, dari data tersebut ditemukan metode pengembangan genus dan definisi sebanyak 3 data, genus atau kelas adalah sesuatu yang lingkupnya luas dari obyek yang dibicarakan sedangkan definisi merupakan landasan gerak dari sebuah penjelasan. metode pengembangan sebab dan akibat sebanyak 10 data, sebab dan akibat merupakan argumentasi yang didasarkan pada pola atau metode sebab dan akibat menggunakan cara berpikir yang bercorak klausal sebab pada proses berpikir menyatakan bahwa sebuah sebab tertentu akan mencakup suatu akibat yang sebanding begitupun sebaliknya. metode pengembangan keadaan atau sirkumstansi sebanyak 1 data, keadaan atau sirkumstansi merupakan tindakan yang dilakukan pada seseorang tidak dapat dibenarkan lewat prinsip-prinsip logis, seseorang terpaksa melakukan tindakan karena fakta tidak memungkinkan harus berbuat lain serta pembuktiannya hanya berdasarkan keadaan tadi. metode pengembangan perbandingan sebanyak 6 data, perbandingan merupakan pengertian bahwa salah satu dari hal yang dibandingkan lebih kuat dari hal lain yang akan dijadikan dasar perbandingan. metode pengembangan pertentangan sebanyak 11 data, pertentangan merupakan pola atau metode yang menggunakan dua relasi dalam suatu pendapat. seseorang menyampaikan suatu pendapat kemudian diberi pendapat sebaliknya. metode pengembangan kesaksian atau autoritas sebanyak 1 data, kesaksian atau autoritas merupakan topik atau sumber yang bersifat dari luar, mirip dengan kesaksian adalah autoritas, argumentasi dengan menggunakan pola autoritas di dasari dengan pendapat atau ucapan dari seseorang yang terkenal atau seseorang yang di akui keahliannya. masing-masing penutur memiliki pengaruh agar dapat mengubah pemikiran bagi pembaca dari apa yang disampaikan.
Abstrak Indonesia
This study has the aim of describing how the argumentative discourse analysis on the covid-19 pandemic reporting in the indonesian region on twitter social media (discussion study). this research uses a qualitative descriptive research type. the data taken in this study is in the form of argumentative discourse, namely comments contained in the news of the covid-19 pandemic. regarding this research, the author is only limited to analyzing the pattern or method of development as well as the meaning of the argumentative discourse contained in the comments on the news of the covid-19 pandemic in indonesia and obtained from social media twitter. the data obtained using reading, listening, and note-taking techniques. the data in this study were then adapted to the method of developing argumentative discourse according to keraf. the results of the study show that there is a method of developing argumentative discourse that is used related to the news of covid-19 in indonesia on twitter social media. the data obtained are 32 data, from the data found the method of developing the genus and definition as many as 3 data, genus or class is something that has a broad scope of the object being discussed, while the definition is the basis for the movement of an explanation. the method of developing cause and effect as many as 10 data, cause and effect is an argumentation based on a cause and effect pattern or method using a way of thinking that is characterized by a causal clause in the thought process stating that a certain cause will include a comparable effect and vice versa. the method of developing circumstances or circumstances as much as 1 data, circumstances or circumstances is an action that is carried out on a person cannot be justified through logical principles, a person is forced to take action because the facts do not allow him to do anything else and the proof is only based on the situation earlier. the method of developing a comparison is 6 data, comparison is an understanding that one of the things being compared is stronger than the other things that will be used as the basis for comparison. the method of developing contradictions is 11 data, contradiction is a pattern or method that uses two relations in an opinion. a person expresses an opinion then is given the opposite opinion. testimony or authority development method as much as 1 data, testimony or authority is a topic or source that is external, similar to testimony is authority, argumentation using a pattern of authority is based on the opinion or speech of a famous person or someone whose expertise is recognized. each speaker has an influence in order to change the mind for the reader of what is conveyed.