UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Board Game  “Bio-Arena” Pada Materi Pemanasan Global Kelas VII Di SMP Negeri 6 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Board Game “Bio-Arena” Pada Materi Pemanasan Global Kelas VII Di SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Wulinda Lau

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas media pembelajaran board game “bio-arena” pada materi pemanasan global kelas vii di smp negeri 6 tarakan. penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development (r&d) yang mengacu pada model borg and gall (1983) yang telah dimodifikasi hanya sampai 5 tahap yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal lalu berlanjut pada tahap 5) revisi produk akhir. dengan subjek penelitian yaitu 9 siswa kelas viii di smp negeri 6 tarakan yang telah mengampuh materi pemanasan global. media dinilai sangat berkualitas oleh ahli materi dengan perolehan persentase sebesar 88%. dinilai berkualitas oleh ahli media dengan perolehan persentase sebesar 79%. adapun oleh guru bidang studi dinilai sangat berkualitas dengan perolehan persentase sebesar 94% serta respon siswa terhadap media pada uji coba lapangan awal yaitu baik dengan perolehan persentase sebesar 79%. dari hasil analisis data secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran board game “bio-arena” merupakan media pembelajaran yang sangat berkualitas digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas pada materi pemanasan global.

Abstrak Indonesia

This research aimed to develop and analyze the quality of "bio-arena" board game learning media on global warming materials for grade vii of smp negeri 6 tarakan. the research used r&d (research and development) referring to the model developed by borg and gall (1983) and modified into 5 stages: 1) research and initial data collection, 2) planning, 3) initial product development, 4) initial field trial , and 5) final product revision. the research subjects were 9 grade vii students of smp negeri 6 tarakan effectively takıng the global warming materials the media was considered by material expert having a very high quality with the percentage of 88% and by media expert with the percentage of 79% meanwhile, the teacher in charge in the re lated field of study was considered highly qualified with the percentage of 94% and the students' responses to the media in the initial field tral was considered good with the percentage of 79% from the results of data analysis, it can be simultenously concluded that "bio-arena" board game learming media was considered having a very high quality to support the learning activities in the classroom, especially on global warming materials