UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII MTs DDI Tarakan

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII MTs DDI Tarakan

Pengarang : Nadila

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis android pada materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas viii mts ddi tarakan yang berkualitas dari segi kelayakan dan respon siswa. jenis penelitian ini menggunakan research and development (r&d) dengan model pengembangan multimedia development life cycle atau biasa disebut model luther yang terdiri atas enam (6) tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. namun, pada pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap ke lima (5) yaitu testing (pengujian) kemudian dilanjutkan dengan menyelesaikan produk akhir. data penelitian dianalisis melalui uji kelayakan (alpha testing) dan uji respon siswa (beta testing). pengujian produk dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan praktisi (guru biologi). uji coba lapangan dilakukan secara online menggunakan google form yang dibagikan ke siswa mts ddi tarakan pada kelas ix sejumlah 39 siswa. berdasarkan penelitian ini diperoleh penilaian dari validasi ahli media sebesar 87% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 88% dengan kategori sangat layak, praktisi sebesar 98% dengan kategori sangat layak, dan respon siswa sebesar 88% dengan kategori sangat menarik. dengan demikian dari penelitian ini disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android pada materi sistem peredaran darah manusia yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Abstrak Indonesia

This research aimed to produce the quality android-based interactive multimedia on human circulatory system materials for grade viii of mts ddi tarakan in terms of feasibility and students' responses. the study used research and development (r&d) approach with multimedia development life cycle model or known as luther model consisting of six (6) stages: concept, design, material collection, assembly, testing, and distribution. however, this development was only material conducted until the fifth (5) stage (testing) and then continued by completing the final product. the research data were analyzed using a feasibility test (alpha testing) and students' responses test (beta testing). product testing was performed by the validators consisting of media experts, material experts, and practitioners (biology teachers). the field trials were conducted online using google form distributed to 39 grade ix students of mts ddi tarakan. the research results show that the assessments respectively validated by the media experts, material experts, practitioners, and students' responses had the value of respectively 87% (highly appropriate), 88% (highly appropriate), 98% (highly appropriate), and 88% (highly interesting). thus, it was concluded that the developed android-based interactive multimedia on human circulatory system materials was highly appropriate to use for learning activities at schools.