UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Fabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 12 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Fabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Nurna Nengsih

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita fabel menggunakan model think pair and share dengan bantuan media audio visual pada siswa kelas vii-4 smp negeri 12 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di smp negeri 12 tarakan pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. subjek penelitian adalah siswa kelas vii-4 smp negeri 12 tarakan yang berjumlah 32 siswa dengan siswa kelas laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan berjumlah 18. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. pada tahap perencanaan, peneliti menyusun rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. lalu, pada tahap tindakan peneliti melakukan rangkaian kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. setelah melakukan tindakan, peneliti melakukan observasi untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan tindakan tersebut. selanjutnya, peneliti melakukan refeksi untuk mengevaluasi dampak yang telah diamati untuk dapat diperbaiki pada siklus selanjutnya, pada penelitian ini, peneliti memperolehg sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar siswa pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran think pair and share dapat meningkatkan pembelajaran menyimak cerita fabel pada siswa kelas vii-4 smp negeri 12 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. pada siklus i, ketuntasan hasil penilaian pada aspek afektif dengan nilai 35,48%, hasil penilaian aspek kognitif 21,58% dan hasil penilaian pada aspek psikomotorik dengan nilai 16,12% pada siklus ii hasil penelitian pada aspek afektif dengan nilai 91,54%, hasil penilaian pada aspek kognitif dengan nilai 76,96%, dan hasil penilaian pada aspek psikomotorik dengan nilai 32,25%. dengan demikian, dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran think pair and share dengan bantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia, khusus aspek keterampilan menyimak cerita fabel siswa menjadi lebih aktif dan melatih siswa untuk berkomunikasi.

Abstrak Indonesia

This research aimed to improve the ability to listen to fable stories using the think pai and share model assisted with audio-visual media at grade vii-4 of smp negeri 12 tarakan. the study used classroom action research (car) at smp negeri 12 tarakan in semester 1 of academic year 2020/2021. the research subjects were 32 grade vii-4 students of smp negeri 12 tarakan consisting of 14 male and 18 female students. the research was conducted in 2 cycles and each cycle had 2 meetings. the procedures of each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. at the planning stage, the researcher arranged a series of activities. at the action stage, the researcher then performed a series of the previously planned activities. after perfoming the actions, the researcher made observations to figure out the impact of action implementation. next, the researcher made ferlections to evaluate the observed impact to be improved in the next cycle. in the research, the researcher obtained the data in the forms of student activity observation sheets, teacher activity observation sheets, and student learning achievements on affective, cognitive, and psychomotor aspects. the research result show that the think pair and share learning strategy could improve listening to fable stories at grade vii-4 smp negeri 12 tarakan as seen from the results obtained from each cycle. in cycle i, the assessment result on affective, cognitive, and psychomotor aspects were respectively 35.48%, 21.58%, and 16.12%. in cycle ii, the assessment result on affective, cognitive, and psychomotor aspects were respectively 91.54%, 76.96%, and 32.25%. thus, it can be concluded that the think pair and share learning strategy assited with audio-visual media could improve the student learning achievements related to the indonesian language course, especially in listening to fable stories, so that the students become more active and trained to communicate.