UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Belanja Online Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT)

Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Belanja Online Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT)

Pengarang : Linda Purnama Sari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan membeli dalam belanja online dan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan sistem pembayaran terhadap belanja online pada mahasiswa universitas borneo tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas borneo tarakan yang pernah atau sering melakukan belanja online. penelitian ini menggunakan metode analisis validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi linear berganda. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga merupakan faktor yang paling dominan dalam mendorong mahasiswa melakukan keputusan membeli dalam belanja online dengan nilai sebesar 0.296618. hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan, ditunjukkan nilai probabilitas sig. (0.0046) < tingkat signifikan (0.1). harga berpengaruh signifikan, ditunjukkan nilai probabilitas sig (0.0011) < tingkat signifikan (0.1) dan sistem pembayaran tidak berpengaruh signifikan, ditunjukkan nilai probabilitas sig. (0.2628) > tingkat signifikan (0.1). diperoleh nilai koefisien determinasi (r ) sebesar 0.265019 atau 26.50% dimana nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan sistem pembayaran menjelaskan variabel keputusan membeli sebesar 26.50%, sedangkan sisanya 70.5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ada dalam model.

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to find out the most dominant factors influencing buying decisions in online shop and to find out the factors of product quality, price, payment system influence online shop at students borneo university tarakan. this type of research is quantitative research. the population in this study were students of borneo university tarakan who had or often did online shop. this study uses the validity method and reliability analysis, and multiple regression analysis. the results of this study indicate that price is the most dominant factor in provide students to make buying decisions in online shopping with a value of 0.296618. the results of this study also indicate that product quality has a significant effect, indicated by the probability value of sig. (0.0046) < significant level (0.1). the price has a significant effect, indicated by the probability value of sig (0.0011) < significant level (0.1) and the payment system has no significant effect, indicated by the probability value of sig. more (0.2628) > significant level (0.1). the determination coefficient value (r2) is 0.265019 or 26.50% where the value indicates that the variables of product quality, price and payment system are able to explain the buying decision variable of 26.50%, while the remaining 70.5% is explained by other factors not in the model.