UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kebijakan Pengelolaan Tugas Terhadap Ketercapaian Tujuan Pembelajaran IPA (Studi Kasus Pembelajaran Daring Di SMP Tarakan)

Analisis Kebijakan Pengelolaan Tugas Terhadap Ketercapaian Tujuan Pembelajaran IPA (Studi Kasus Pembelajaran Daring Di SMP Tarakan)

Pengarang : Jusriani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pengelolaan tugas terhadap ketecapaian tujuan pembelajaran ipa pada smp tarakan. metode penulisan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, checklist tugas dan dokumentasi. subjek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran ipa, siswa kelas viii, kepala sekolah smp negeri 2 tarakan dan kepala sekolah mts negeri tarakan dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan tugas berjalan dengan baik mengenai materi pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, bentuk tugas, jenis tugas, kemampuan siswa dan waktu yang cukup. pada aspek pelaksanaan tugas juga berjalan baik mengenai guru memberikan bimbingan/pengawasan kepada siswa, memberikan dorongan agar mau mengerjakan tugas dan mencatat hasil-hasil yang siswa peroleh. pada aspek pertanggungjawaban tugas berjalan kurang baik terlihat pada pengumpulan tugas hanya beberapa siswa yang mengumpulkan tepat waktu dan jawaban kurang tepat. berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat diketahui bahwa pada pengelolaan tugas dapat berpengaruh pada ketercapaian tujuan pembelajaran dan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah dalam pengelolaan tugas pada pembelajaran ipa kelas viii di smp negeri tarakan.

Abstrak Indonesia

This research aimed to figure out the influence of task management policy on the achievement of natural science learning objective at state junior high schools in tarakan. the study was classified into descriptive-qualitative research within a case study. the data were collected using interviews, task checklist and documentation. the research subjects were natural science teachers of grade viii students, school principals of smp negeri 2 tarakan and mts negeri tarakan. the research samples were collected using a purposive sampling technique. the result show that the task planning aspect was already good, and the learning materials were in accordance with the learning objectives to achieve, including task form, task type, student ability, and time sufficiency. furthermore, the task implementation aspect was also good as the teachers had provided guidance/supervision on the students, given the students encouragement to do the tasks and recorded the results obtained by the students. in responsilibility aspect, the task were not yet well completed as shown in the submission of tasks. only some students collected the task on time, yet the answers were still incorrect. based on the research and analysis results, it was proven that task management influenced the achievement of learning objectives and was well implemented in accordance with the task management steps in the natural science learning at grade viii of state junior high school in tarakan.