
Pendekatan SWOT Dalam Mengembangkan Objek Wisata Pulau Derawan Di Kabupaten Berau
Pengarang : Perdiansyah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dalam mengembangkan objek wisata pulau derawan di kabupaten berau. metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif kemudian untuk memperoleh strategi pengembangan dengan analisis swot. data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari pengunjung objek wisata pulau derawan dan data sekunder yang diperoleh dari dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten berau. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk mengembangkan objek wisata pulau derawan di kabupaten berau menggunakan strategi so (strength – opportunity) yaitu strategi yang menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang. alternatif strategi so yang telah dirumuskan adalah pemerintah daerah membuat dan menerapkan tentang kegiatan kebersihan pantai wisata pulau derawan setiap sebulan sekali. pemerintah daerah mengagendakan event budaya di pulau derawan sebagai agenda wisata tahunan kabupaten berau. membuat showroom ekosistem bawah laut objek wisata pulau derawan, dan membuat musium penyu yang sudah mati secara alami. dan peraturan daerah yang memberikan kemudahan investor dari luar negeri atau dalam negeri. ketersedian alat selam seperti sea trek helmet diving (helm menyelam), snorkeling (selam dipermukan air laut) yang bisa melihat kehidupan bawah laut, hal ini menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan yang berkunjung ketempat tersebut, dan menggunakan semua media promosi yang ada agar dapat menjangkau semua masyarakat. penambahan jumlah jenis souvenir gantungan kunci boneka penyu, serta membuat dan penambahan sarana/ prasarana seperti gazebo dan tempat toilet di lokasi pantai objek wisata, dan mengembangakan/ penambahan fasilitas di objek wisata seperti hiburan/permainan air (water sport: ski boat, jet ski boat, benana boat dan lain- lain), yang dimana hal ini diharapkan bisa menarik minat wisatawan berkunjung ke objek wisata pulau derawan.
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to know the strategy in developing tourist destination of derawan island in kabupaten berau. the method of this research is descriptive method with qualitative approach to get the developing strategy with swot analysis. the data of this research is primary data which got from the visitor of tourist destination of derawan island and the secondary data got from dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten berau. the result of this research show that the right strategy for developing tourist destination of derawan island in kabupaten berau using so strategy (strength – opportunity) that is strategy that using power and opportunities. so alternative strategy the local government makes and implements the cleaning activity of the derawan island tourism beach once a month. the local government has scheduled a cultural event on derawan island as an annual tourism agenda in the berau regency. make a showroom underwater ecosystem derawan island tourism object, and make a museum of sea turtles that have died naturally. and local regulations that facilitate investors from abroad or within the country. the availability of diving equipment such as sea treak diving, snorkeling, which can see the underwater life, this is a tourist attraction for tourists who visit the place, and use all available promotional media in order to reach all people. increasing the number of types of turtle doll key chain souvenirs, as well as making and adding facilities / infrastructure such as gazebos and toilet places at monitoring locations, and developing / adding facilities at attractions such as entertainment / water sports (water sports: ski boats, jet ski boats , benana boat, etc.), which is expected to be able to attract tourists to visit the tourist attraction of derawan island.