
Peran Guru Dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran Di SDN 023 Tarakan
Pengarang : Andi Ilfa Fasirah Uda
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran di sdn 023 tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. fokus dalam penelitian ini adalah peran guru dalam mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran di sdn 023 tarakan. sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu guru, kepala sekolah, dan siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sdn 023 tarakan telah melaksanakan perannya yaitu: (1) sebagai sumber belajar guru menggunakan sumber belajar berbasis media cetak, seperti buku tematik guru dan siswa, serta buku-buku lainnya terkait materi dalam proses pembelajaran. selain itu guru menggunakan media cetak pendukung yaitu majalah dan koran. dalam penggunaan internet, guru menggunakan google dan youtube untuk mencari informasi terkait materi pembelajaran, (2) sebagai fasilitator guru telah menggunakan hp dan laptop dalam proses pembelajaran sehingga dapat memudahkan guru dalam bekerja dan berkomunikasi dengan siswa. selanjutnya dalam penggunaan media berbasis aplikasi guru menggunakan whatsapp, zoom, google meet dalam proses pembelajaran sehingga dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut dapat memudahkan guru untuk melakukan proses belajar mengajar secara online dengan siswa. kata kunci: peran guru, penggunaan teknologi, proses pembelajaran
Abstrak Indonesia
The research described the teacher's role in implementing information and communication technology in the learning process at sd 023 tarakan. the research design of this research was descriptive qualitative. the focus of this research was the teacher's role in implementing information and communication technology in the learning process at state elementary school 023 tarakan. the primary data in this research was taken from primary data and secondary data from teachers, principals, and students. data collection techniques were observation, interviews and document studies. by using qualitative data analysis techniques through the process of data reduction, data presentation and concluding, the researcher found that the teachers at state elementary school 023 tarakan had carried out their role in implementing information and communication technology in the learning process, namely: (1) as a learning resource, teachers used printed media-based learning resources, such as thematic books for teachers and students, related to learning material in the learning process. in addition, teachers also are supported by printed media, magazines and newspapers. in using the internet, teachers used google and youtube to find information related to learning materials, (2) as facilitators; teachers also used cellphones and laptops in the learning process, which helps teachers work and communicate with students. furthermore, in learning platforms, the teacher used whatsapp, zoom, google meet in the learning process. it also helps teachers carry out the online teaching and learning process with students. keywords: teacher’s role, use of technology, learning process