
Pengaruh Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Hang Tuah Tarakan Pada Materi Biologi
Pengarang : Nurul Mudrofin Audina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Pembelajaran merupakan suatu proses pembelajaran yang dapat mencpaai hasil belajar dan motivasi kepada siswa. peneliti menggunakan pendekatan savi untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan savi (somatic, auditory, visual and intellectual) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas xi di sma hang tuah tarakan. jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest-posstest, angket kuesioner, lembar observasi keterlaksanaan pendekatan savi, dokumentasi, dan wawancara. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendekatan savi terhadap motivasi dan hasil belajar memperoleh hasil sig. 0,000 ˂ 0,005. terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksprimen. nilai hasil belajar dari pretest ke posttes baik di kelas kontrol maupun di kelas eksperimen mengalami peningkatan. namun, nilai hasil belajar di kelas kontrol lebih tinggi dibandingkan di kelas eksperimen. demikian halnya dengan aspek motivasi yaitu lebih tinggi pada kelas kontrol dibandingkan kelas eksperimen. adanya pengaruh hasil belajar tersebut dikarenakan faktor motivasi yaitu faktor luar seperti terdapat motivasi dari guru, teman dan lingkungan sekolah, dalam seperti terdapat motivasi dari orang tua siswa dan faktor keterlaksanaan pendekatan savi. aspek auditori dan visual berjalan dengan baik, sementara aspek somatis dan intelektual kurang optimal dikarenakan berbagai faktor terutama pelaksanaannya pada masa pembelajaran daring. sehingga kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat pengaruh pendekatan savi (somatic, auditory, visual and intellectual) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Abstrak Indonesia
Learning is a process to achieve the students’ learning motivation and outcomes. the researcher used the savi approach to figure out the students’ motivation and learning outcomes. this research aimed to figure out the effect of savi (somatic, auditory, visual, and intellectual) approach on the learning motivation and outcomes of grade xi students at sma hang tuah tarakan. this research used a quasi-experimental design. the data were collected using pretest-posttest, questionnaire, observation sheet to the implementation of savi approach differences in the students’ learning motivation and outcomes with the sig. value of 0,000 ˂0,005. there were differences in the students’ learning motivation and outcomes in both control and experimental classes. the value of learning outcomes from pretest and posttest both in control and experimental classes increased. however, the value of learning outcomes in control class was higher than that in experimental class. the learning outcomes’ effect was due to the motivation factor including external factors, such as motivation from teachers, friends and school enviroment as well as internal factors, such as motivation from students’ parents and savi approach implementation. the auditory and visual aspects went well, while the somatic and intellectual aspects were less optimal due to various factors, especially their implementation during the online learninh period. thus, it was concluded that savi (somatic, auditory, visual, and intellectual) approach affected the students’ motivation and learning outcomes.