UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Membaca Permulaan Di Kelas I SD Kota Tarakan

Analisis Membaca Permulaan Di Kelas I SD Kota Tarakan

Pengarang : Dita Rahmaningtyas

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai membaca permulaan di kelas i sd kota tarakan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dilaksanakan melalui kegiatan studi pustaka dengan melakukan analisis pada hasil penelitian/skripsi terdahulu. pengumpulan data sebanyak 5 skripsi. fokus pada penelitian ini mengacu pada rumusan masalah pada penelitian ini dan dimensi penelitian pada penelitian ini mengacu pada 3 aspek, yaitu 1) faktor kesulitan membaca permulaan 2) pemilihan model / metode & media pembelajaran untuk membaca permulaan 3) kemampuan membaca permulaan. hasil penelitian ini faktor kesulitan membaca permulaan pada peserta didik di kelas i sd kota tarakan sangat beragam, mulai dari faktor kognitif, faktor penguasaan bahasa, faktor psikologis, faktor lingkungan, dan juga faktor mengajar guru. pemilihan model/metode dan media pembelajaran sangat penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal, dalam membaca permulaan ada beberapa yang telah dan dapat digunakan, seperti model pembelajaran scramble, metode global, metode suku kata, media kartu bergambar/media cerita bergambar. kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas i sd kota tarakan memiliki perbedaan, terdapat beberapa orang yang sudah dibekali dan bisa membaca sebelum masuk sekolah, namun banyak juga yang masih mengeja, banyak peserta didik yang belum dapat mengenal/membedakan huruf, serta masih banyak yang sering mengganti/memotong kata. setelah penelitian dilakukan dengan pengajaran yang tepat, kemampuan membaca permulaan peserta didik mengalami peningkatan yang sangat baik. kata kunci: membaca, membaca permulaan

Abstrak Indonesia

The research was to find out an decribe the learnin of reading for beginners among the first graders in an elementary school in tarakan municipality. the type of the research was a descriptive-qualitative. the focus of the research were three aspects of learning analyzed here, those are 1) the factors of reading difficulty among the subjects, 2) the choices of model/method/media in the learning process, and 3) the subjects reading competence. the data were 5 research reports of skripsi as the primary data, and its secondary one were books, and journalson reading for beginners. the resuts of the analysis indicated that the factors of students reading difficulty include cognitive, language acquisition. pshycology, environment, and teachers teaching style. the model and method implemented in the learning are scramble, global, syllable, and picture card/illustrated stories. their reading competence were also various: some have been good readers, and others need to spell. however, there are other who still need to chunk the words, and other groups even still cannot identifity the alphabets. having implemented a proper learning approach, the students then get improved very significantly. keywords: reading, elementary school, reading for beginners