UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Normatif Kelas XI Di SMK Negeri 1 Tarakan

Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Normatif Kelas XI Di SMK Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Ericha Iriany Irwan

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Bimbingan kelompok adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seseorang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang agar dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri. dengan adanya bimbingan kelompok, maka kesulitan belajar yang dialami siswa akan berkurang serta akan meningkatkan hasil belajar para siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap kesulitan belajar pada mata pelajaran normatif siswa kelas xi di smk negeri 1 tarakan. penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. dengan populasi sebanyak 393 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria hasil nilai ujian siswa yang tidak mencapai kkm sebanyak 24 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, angket dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan ialah uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas menggunakan shapiro wilk. berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh dari 40 item pernyataan, ada 29 item yang valid dan 11 item tidak valid, perhitungan reliabel menggunakan alpha cronbach 0,929>0,7 dikatakan reliabel dan chi square didapatkan hasil (ρ) value = 0,002. diketahui rumus chi square ialah tolak ho jika nilai ρ < α. karena didapatkan 0,002 < 0,05, maka h0 ditolak dan h1 diterima sehingga ada pengaruh antara bimbingan kelompok terhadap kesulitan belajar pada mata pelajaran normatif. kata kunci: bimbingan kelompok, kesulitan belajar, mata pelajaran normatif

Abstrak Indonesia

Group guidance is a process of providing assistance given by an expert to a person or several people to develop their self and independent abilities. through group guidance, the learning difficulties experienced by students can be reduced and improve the students' learning achievements. this research aimed to figure out the effect of group guidance on learning difficulties in normative subjects experienced by grade xi students of smk negeri 1 tarakan. this study was classified into quantitative research using an experimental approach with one group pre-test and post-test design. the research population was 393 students. a purposive sampling technique with the criteria of students' test scores below the minimum mastery criterion (known as kkm) was conducted and obtained 24 students as the research samples. the data were collected through learning achievement tests, questionnaires, and documentation. the data were then analyzed using validity, reliability, and normality test using shapiro wilk. based on the data analysis results obtained from 40 statement items, there were 29 valid items and 11 invalid items as well as reliable calculation using cronbach's alpha of 0.929 > 0. 7 were considered reliable, while chi square results obtained the (p) value = 0.002. it was known that the chi square formula rejected ho if the value of p < a. since 0.002 < 0.05, then h0 was rejected and h1 was accepted. thus, group guidance influenced learning difficulties in normative subjects. keywords: group guidance, learning difficulties, normative subjects