UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Berbasis Pada Perilaku Konsumen (Studi Kasus Pasar Tenguyun)

Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Berbasis Pada Perilaku Konsumen (Studi Kasus Pasar Tenguyun)

Pengarang : Erna

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan. pertama, mengetahui karakteristik konsumen. kedua. mengetahui perilaku konsumen pada pasar tradisional. ketiga. bagaimana kepuasan konsumen pada pasar tradisiona. keempat. bagaimana strategi pengembangan pasar tradisional di pasar tenguyun. lokasi penelitian di lakukan pada pasar tenguyun kota tarakan. metode analisis yang digunakan analisis deskriptif dan analisis swot. hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: pertama, karakteristik konsumen yang berbelanja di pasar tenguyun ialah perempuan dengan pekerjaan ibu rumah tangga dengan usia 31-45 dengan tingkat pendidikan smp. dan pendapatan rp. 1,000,000 sampai rp. 3.750.000. kedua, perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor lingkungan sosial yang melibatkan keluarga dalam mengambil sebuah keputusan saat berbelanja, budaya dari tradisi dan kebiasaan yang membuat konsumen setia berbelanja di pasar tradisional. psikologis sangat mempengaruhi sebab berhubungan degan kestabilan tubuh baik jasmani dan rohani agar mendapatkan fisik yang kuat dan sehat. ketiga, kepuasan konsumen yang di pengaruhi dari kualitas produk yang baik dengan persentase 60% sangat baik. harga yang terjangkau yang cukup baik ditawakan dengan persentase 89% sangat baik. pelayanan yang sangat baik dengan persentase 49% sangat baik. lokasi yang strategi dan muda di jangkau yang membuat konsumen memlih datang berbelanja di pasar tenguyun dengan persentase 86% sangat baik. keempat, srategi pengembangan pasar yang dapat di kembangkan di pasar tenguyun berdasarkan hasil analisis swot berada pada kuadran i strategi so (strength - opportunnites) strategi agresif adalah strategi yang mendukung pasar untuk terus memaksimalkan kekuatan serta peluang yang ada untuk terus berkembang. maka ada beberapa rumusan strategi yang dapat direkomendasikan dalam pengembangan. yaitu meningkatkan ketersediaan dan keberagaman jenis produk di pasar. meningkatkan pelayanan fasilitas pasar. menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. meningkatkan ketersediaan produk yang berkualitas dan harga terjangkau. kata kunci: pasar tradisional, prilaku konsumen, strategi pengembangan

Abstrak Indonesia

The purpose of this research were (1) to know he characteristic of consumers, (2) to know customers' behavior in traditional markets, (3) to describe how are the customers' satisfaction in traditional market, (4) to find what the strategy is for developing traditional markets in tenguyun market. the research setting was carried out at the tenguyun market, tarakan city. the analytical method used was to descriptive and swot anaylsis. the results of this studies conclude; first, the characteristics of custimers who shop at tenguyun market are women as housewives aged 31-45 with a junior high school background and average of their income was rp. 1,000,000 to rp. 3,750,000. second, customers' behavior was influenced by social environment that involve families in making a decision when shopping, traditions and habits that make consumers loyal to shop at traditional markets. pyschological infulences the stability of the body both physically and spiritually in order to get a strong and healthy physique. third, consumer satisfaction was influenced by product quality (60%) was categorized very good. good price (89%) was categorized very good. good service was categorized very good (86%) that makes consumers come to shop at tenguyun market. fourth, the market development strategy that can be developed in the tenguyun market based on the swot result was in first quadrant of the so (strength-opportunnites) strategy showed that aggressive strategy supports the traditional market to continue to grow. thus, there are several strategies that can be recommended, namely increasing the availability and diversity of product in the market, improving market facility services, providing products according to consumer needs, increasing the availability of quality products and afforfable prices. keyword: traditional market, consumer behavior, development strategy