
An Analysis Of Higher Order Thinking Skills In Reading Skill At English Department 2018
Pengarang : Imelda Wati Putri Rahayu
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian bertujuan untuk, mendapatkan bukti empiris dari distribusi keterampilan berpikir tingkat tinggi berdasarkan edisi revisi taksonomi bloom pada pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam soal membaca dalam latihan membaca di jurusan bahasa inggris ankatan 2018. peneliti menggunakan metode analisis isi karena penulis mengidentifikasi karakter spesifik dari materi soal pilihan ganda di latihan membaca. penelitian ini menggunakan data kualitatif karena data dalam penelitian ini berupa kata-kata. objek penelitian ini adalah latihan membaca pilihan ganda dalam latihan membaca di jurusan bahasa inggris 2018. data dikumpulkan melalui beberapa instrument, yaitu lembar soal dari latihan membaca, wawancara, table daftar periksa dan analisis table. hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam latihan membaca memperoleh 11 dari 25 pertanyaan tentang latihan membaca pilihan ganda (44%). sedangkan keterampilan berpikir tingkat rendah memperoleh 14 dari 25 pertanyaan membaca soal pilihan ganda (56%). hasil dari distribusi keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah : keterampilan menganalisis mendapatkan distribusi tertinggi yaitu 6 dari 25 pertanyaan pilihan ganda dalam soal membaca (24%) keterampilan mengevaluasi mendapatkan 4 dari 25 pertanyaan soal pilihan ganda latihan membaca (16%) keterampilan membuat/menciptakan mendaptkan 1 dari 25 pertanyaan pilihan ganda dalam latihan membaca (4%). dapat disimpulkan bahwa distribusi keterampilan berpikir tingkat tinggi lebih rendah daripada keterampilan berpikir tingkat rendah.
Abstrak Indonesia
This study aimed at finding empirical evidences of higher order thinking skills (hots) distribution based on revised bloom taxonomy on the multiple-choice items in reading exercises of reading practices used in the english dept. especially those provided for the students of 2018 intake. this employed a content analysis method to identify specific features of the questions items. the data were collected from the documents of reading exercises, table of check lists, table analysis and interview. the findings show that the hots (higher order thinking skills) were only found in 44% of the question items (11 of 25 questions), meanwhile, the rest was included in the lower order category. among those of hots items, the most was analysis skills (24%), followed by evaluating skills (16%), and another skill of making/creating was only (4%). thus, it can concluded that hots item was still very low and needed to be improved.