
The Use of Learning Cell Strategy to Improve Students Writing Skill on Recount Text for Eight Grade Students of SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Riandy Gunawan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecfcktifan penggunaan metode leaming cell strategy dalam meningkatkan kemampuan menu i is tcks recount pada siswa kelas delapan di smp negeri 5 tarakan. penelitian ini menggunakan desain quasi experimental. sarnpel diam bi i menggunakan purposive sampling technique. ada dua kelompok yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. kelompok eksperimen diajarkan menggunakan leaming cell strategj, dan kelas kontrol diajarkan menggunakan small group dlscnssion. jnstrumen penelitian ini adalah tes tertulis. data yang dianalisis adalah data nilai hasil pre-test dan post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. dalam menganalisis data peneliti menggunakan independent sample ttest menggunakan spss 24.0. hasil penelitian ini rnenunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 70,40 dan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 67 ,20. nilai t-table adalah 2,000 dan nilai t-test adalah 4.4 74. hal ini menunjukkan bahwa nilai t-test lebih tinggi daripada nilai t table (4.474 > 2,000). tidak hanya hasil dari independent sample ttest tapi nilai probabilitas juga lebih rendah daripada tingkat signifikansi (0,00 < 0,05). dengan kata lain, hipotesis nol (ho) ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. hasil analisis data mernbuktikan bahwa hasil pengajaran menggunakan leaming cell strategy lebih tinggi dibandingkan dengan small group discussion. berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa learning cell strategy dalam pengajaran menulis teks recount pada siswa kelas delapan di smp negeri 5 tarakan lebih efcktif dari pada menggunakan small group discussion.
Abstrak Indonesia
This study aimed to determine the effect of using the leaming cell strategy method in improving ability to write recount text of eighth grade students at smp negeri 5 tarakan. this study used a quasi experimental design. two groups of samples were taken using purposive sampling technique. the experimental group was taught using the leaming cell strategy and the control class was taught using the small group discussion. the research instrument was a written test. the data were taken from the pre-test and post-test results of the experimental and the control classes. an independent sample t-test was used to analyzed the data, with the help of spss 24.0. the results indicated that the mean score of the experimental group was 70.40 and that of the control group was 67.20. the t-table value was 2,000 and the t-test value was 4.474, meaning that the t-test value was higher than the t-table value (4.474 > 2,000). not only the results of the independent sample t-test but the probability value was also lower than the significance level (0.00