
Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Balita Usia 0-2 Tahun Dengan Tingkat Pendidikan, Paritas, Dan Usia Ibu Di Posyandu Anggrek Ungu Wilayah Kerja Puskesmas Karang Rejo Tarakan Barat Tahun 2012
Pengarang : Sartika
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pendidikan, paritas dan usia ibu dengan pengetahuan ibu tentang perkembangan balita usia 0-2 tahun di posyandu anggrek ungu wilayah kerja puskesmas karang rejo tarakan barat tahun 2012. desain penelitian yang digunakan adalah deskritif analitik dengan rancangan pendekatan cross sectional. penelitian ini dilakukan pada bulan juni di posyandu angrek ungu. populasinya adalah seluruh ibu yang memiliki balita usia 0-2 tahun yaitu 45 orang dengan menggunakan total sampling. adapun jenis data dan instrument yang digunakan adalah data primer dengan analisa dalam penelitian yaitu univariat, bivariat dan uji chisquare. dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengetahuan ibu pada kelompok usia 20-35 tahun (82,2%), lebih banyak dari kelompok usia < 20 tahun (8,9%), dan kelompok usia 36-45 tahun (8,9%), pada kelompok paritas 1 anak (31,1%), pada kelompok paritas 2-4 anak (60%), pada kelompok paritas 4 anak (8,9%), sedangkan tingkat pendidikan sd (44,4%), tingkat pendidikan sltp (33,3%), tingkat pendidikan slta (15,6%), dan tingkat pendidikan si/diii (6,7%). setelah dilakukan uji statistik diketahui bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara umur dan kelompok paritas terhadap tingkat pengetahuan ibu dan ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan tingkat pengetahuan ibu. dari hasil penelitian disarankan agar puskesmas dan kader kesehatan untuk lebih meningkatkan pelayanan dan penyuluhan-penyuluhan tentang perkembangan anak. kata kunci: umur ibu, pendidikan ibu, paritas
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi