UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan

Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Azriah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kategori number sense siswa kelas vii smp negeri 2 tarakan dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika untuk setiap indikator ditinjau dari kategori number sense siswa kelas vii smp negeri 2 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas vii semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di smp negeri 2 tarakan. metode pengumpulan data menggunakan tes number sense dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii smp negeri 2 tarakan. sampel dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan number sense tinggi memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 3,01 pada kategori tinggi, dengan rincian per indikator sebagai berikut; pada indikator memahami masalah memperoleh nilai rata-rata 3,85, pada indikator menyusun rencana penyelesaian memperoleh nilai rata-rata 3,38, pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian memperoleh nilai rata-rata 3,84, dan pada indikator memeriksa kembali memperoleh nilai rata-rata 0,98. siswa dengan number sense sedang memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 2,65 pada kategori sedang, dengan rincian per indikator sebagai berikut; pada indikator memahami masalah memperoleh nilai rata-rata 3,65, pada indikator menyusun rencana penyelesaian memperoleh nilai rata-rata 3,73, pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian memperoleh nilai rata-rata 3,34, dan pada indikator memeriksa kembali memperoleh nilai rata-rata 0,87. siswa dengan number sense rendah memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 1,75 pada kategori rendah. dengan rincian per indikator sebagai berikut; pada indikator memahami masalah memperoleh nilai rata-rata 2,62, pada indikator menyusun rencana penyelesaian memperoleh nilai rata-rata 1,48, pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian memperoleh nilai rata-rata 1,75, dan pada indikator memeriksa kembali memperoleh nilai rata-rata 0,44. kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, number sense

Abstrak Indonesia

This study aims to describe the ability to solve mathematical problems in terms of the number sense category of class vii students of smp negeri 2 tarakan and describe mathematical problem solving for each indicator in term of the number sense category of class vii students graders of smp negeri 2 tarakan. the type of research used in this study was descriptive with a quantitative approach. this research was conducted on class vii students in the semester even of smp negeri 2 tarakan in academic year 2018/2019. the method of collecting data used a number sense test and tests mathematical problem solving abilities. the population in this study were all students of class vii of smp negeri 2 tarakan. the sample in this study amounted to 179 students taken using by cluster random sampling technique. the results showed that the students with the high number sense obtained an average score with 3,01 problem solving ability in the high category, with details per indicator as follows; on the indicators understanding the problem obtained an average value with 3.85, on the indicators compiling a stettlement plan obtained a value on average with 3.38, on the indicators caried out the completion plan with an average value with 3.84 and the indicator checks again with an average value with 0.98. students with the medium number sense obtained an average score with 2,65 problem solving ability in the moderate category, with details per indicator as follows; on the indicators understanding the problem obtained an average value with 3.65, on the indicators compiling a stettlement plan obtained a value on average with 2.73, on the indicators caried out the completion plan with an average value with 3.34 and the indicator checks again with an average value with 0.87. students with the low number sense obtained an average score with 1.75 problem solving ability in the low category, with details per indicator as follows; on the indicators understanding the problem obtained an average value with 2.62, on the indicators compiling a settlement plan obtained a value on average with 1.48, on the indicators caried out the completion plan with an average value with 1.75 and the indicator checks again with an average value with 0.44. keywords: solving mathematical problems and number sense