UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Dengan Menggunakan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Dengan Menggunakan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Lia Irma Septiana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran card sort dengan media puzzle terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas xii mia sma negeri 3 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di sma negeri 3 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas xii mia sma negeri 3 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas xii-mia 1 dan kelas xii- mia 2. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi ratarata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis. hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen adalah 75,60 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol adalah 62,60. hasil analisis uji independent sample t- test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 ? 0,05. dengan demikian h0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran card sort dengan media puzzle berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada siswa kelas xii mia sman 3 tarakan. kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran card sort, media puzzle

Abstrak Indonesia

This research aims to know the effect of learning model card sort combined with puzzle as the media on mathematical communication skill at the twelfth grade mia students of sma negeri 3 tarakan. this research did on the first semester in academic year 2018/2019 at the sma negeri 3 tarakan. the method of this research was quasi experimental design with post test only control group design. the population of this research was all class of twelfth mia grade students at sma negeri 3 tarakan. the data was taken by using simple random sampling technique. the sampel of this research were class of xiimia 1 and class of xii-mia 2. the data collection was taken by using mathematical communication skill. the data was analyzed by using descriptive and inferential analysis. descriptive analysis used to analyze the average of arithmetic and the standard deviation. the inferential analysis used to analyze assumption prerequisite test and the hypothesis test. the result of the descriptive test showed that mathematical communication skill of experimental class was 75.60 and control class was 62.60. the result of independent sample t-test was 5% (? = 0,05) with value 0.000. it could be seen that 0.000 < 0.05. it can be concluded that h0 was rejected and it shows that card sort learning model with puzzle as media has an effect on the students’ mathematical communication at the xii mia sma negeri 3 tarakan. keywords: mathematical communication skill, card sort learning model, puzzle media