
Analisis Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Malinau
Pengarang : Helmy Anugrah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesulitan belajar siswa dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa sma negeri malinau. metode penelitian ini yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan nilai akhir siswa. berdasarkan hasil analisis tingkat kesulitan belajar diperoleh data bahwa tingkat kesulitan belajar pada sma negeri 3 malinau sebesar 50,75 dengan kategori cukup rendah dan tingkat kesulitan belajar di sma 5 negeri malinau sebesar 66,76 dengan kategori rendah. faktor penyebab kesulitan belajar di sma negeri malinau ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor penyebab kesulitan belajar dengan kategori cukup berpengaruh dari faktor internal sebesar 52,35%, sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar dengan kategori cukup berpengaruh dari faktor eksternal sebesar 59,8%.
Abstrak Indonesia
This study aims to analyze the level of student learning difficulties and the factors causing learning difficulties of malinau public high school students. the method used in this research descriptive using quantitative and qualitative approach. the sample is selected using purposive sampling method. the instruments used in this study are questionnaires and final grades. the research shows that the level of learning difficulties in sma negeri 3 malinau scores 50,75 with a low category and the level of learning difficulties in sma negeri 5 malinau is 66,79 in the low category. there are two factors that cause difficulties in learning at malinau public high school are two, which are internal factors and external factors. the factors that cause learning difficulties with the highest category of internal factors are interest and motivation with percentage 52,35%, while the causes of learning difficulties with the moderately influential category are quite influential from eskternal factors of 59,8%