
Pengembangan Media Alat Peraga Pada Materi Sel Untuk Siswa SMA Kelas XI
Pengarang : Irlosiana Lencau
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media alat peraga sel sebagai media pembelajaran sma kelas xi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi (guru biologi), serta mengetahui tanggapan siswa terhadap media yang dikembangkan. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan addie. addie merupakan singkatan dari (analysis-design-development-implementevaluate). instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. sebelumnya, produk telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru biologi. berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru biologi, kualitas produk dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. ahli materi menilai produk dengan persentase 85% (kategori layak), ahli media menilai produk dengan persentase 86% (kategori sangat layak), guru biologi menilai produk dengan kategori sangat layak (93%). sedangkan respon siswa memperoleh penilaian dengan persentase 89% dan dikategorikan sangat layak. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media alat peraga sel sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas xi.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi