
Pengembangan Komik Biologi Berbasis Saintifik Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Protista Untuk Kelas X SMA/MA Di Kota Tarakan
Pengarang : Hardiyanti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik biologi berbasis saintifik pada materi protista untuk siswa kelas x sma/ma di kota tarakan yang berkualitas berdasarkan hasil validasi ahli dan uji kepraktisan. pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (r&d) dengan mengadaptasi alur pengembangan yang dikemukakan oleh s.thiagarajan (1974) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). akan tetapi, pada penelitian ini prosedur pengembangan dibatasi hanya sampai tahap ke-3 yaitu tahap pengembangan (develop) karena keterbatasan peneliti. hasil analisis validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat valid. analisis ahli materi memperoleh persentase sebesar 81% dengan kriteria sangat valid. penilaian validasi ahli praktisi masuk dalam kriteria sangat valid dengan persentase sebesar 81%. respon siswa pada uji kepraktisan memperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat menarik. berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik biologi berbasis saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria media yang berkualitas dengan tingkat validitas yaitu sangat valid (validasi ahli) dan berkualitas dengan tingkat kemenarikan yaitu sangat menarik (uji kepraktisan) sebagai media pembelajaran.
Abstrak Indonesia
The goals of this research are to produce based on scientific approach at protista content for grade x students high school at tarakan, and to know the quality of the biologi comic based on experts validation and field test. research approach that was used is research and development (r&d) approach. the model of r&d was used four-d model that is developed by thiagarajan (1974). the model consist of four steps (define, design, develop, and disseminate), but this research just adapted three steps because of the researcher limitation. the analysis results validation of media expert obtained the percentage as much as 96% (very valid). the analysis of the matter expert gained as much as 81% (very valid). the validation assessment of practitioner obtained 81% (very valid). the students’ response at the field test obtained 92% (very interesting). based on the data analysis result, it can be concluded that the biology comic based on scientific approach has very valid criteria from experts validation is and very interesting from students’ response.