
Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Pada Novel Pulang Karya Tere Liye (Kajian Sosiologi Sastra)
Pengarang : Widiya Natalia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan nilainilai pendidikan dalam novel pulang karya tere liye yang diterbitkan oleh republika cetakan 2015.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari novel pulang karya tere liye. data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik baca, menandai, catat. artinya peneliti membaca teks secara keseluruhan dan menandai serta mencatat dengan cermat dan teliti. novel pulang karya tere liye yang didasrkan pada nilai pendidikan. perlu dianalisis karena novel pulang merupakan salah satu bentuk karya sastra yang dapat dijadikan pedoman untuk mengubah perilaku dan sikap pembaca baik secara langsung maupun tidak langsung melalui nilai-nilai yang terkandung didalamnya, sehingga pembaca sebagai penikmat karya sastra dapat bersikap sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam novel tersebut. jumlah keseluruhan nilai pendidikan yan di temukan peneliti berjumlah 45 data. data yang sudah diperoleh dianalisis dengan cara menginterpretasikan data tersebut kemudian dibuat kesimpulan. nilai pendidikan terdiri dari empat macam nilai pendidikan diantaranya, nilai pendidikan religius, moral, sosial, dan budaya. dari keempat nilai pendidikan ini hanya satu nilai pendidikan yang lebih banyak diperoleh datanya sebanyak 21 data nilai pendidikan moral. nilai pendidikan religius 3 data, nilai pendidikan sosial 9 data, dan nilai pendidikan budaya sebanyak 10 data. dari keempat nilai pendidikan yang paling dominan adalah nilai pendidikan moral dari ketiga nilai pendidikan lainnya.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi