
Analisis Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Santi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru ilmu pengetahuan alam dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di smp negeri 11 tarakan. penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru ipa, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan perencanaan dengan menyiapkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, media pembelajaran, dan materi atau bahan ajar. namun dalam kelangsungannya guru tidak bisa sepenuhnya melakukan apa yang tercantum pada rencana pelaksanaan pembelajaran dikarenakan guru memperhatikan situasi dan kondisi serta keadaan siswa saat proses pembelajaran berlangsung tetapi tetap mengarah pada tujuan pembelajaran. dalam proses pembelajaran guru menggunakan platform seperti whatsapp grup, google classroom, google form, youtube dan lainnya. sedangkan pada tahap evaluasi pembelajaran guru melakukan evaluasi penilaian pada ranah psikomotorik, kognitif dan afektif menggunakan google classroom dan penilaian produk
Abstrak Indonesia
This research aimed to analyze the strategies used by natural science teachers in online learning during the covid-19 pandemic at smp n 11 tarakan. this research subjects were 3 science teachers. the results show that the teachers performed their plans by preparing syllabus, lesson plans, worksheets, learing media, and learning materials. however, the teachers could not completely perform what were stated in their lesson plans since the teachers paid more attention to the students’ situations and conditions during the learning processes leading to the learning objectives. in the learning processes, the teachers used various platforms, such as whatsapp groups, google classroom, google forms, youtube, and others. meanwhile, in the learning evaluation stage, the teachers evaluated the students’ learning achievements based on psychomotor, cognitive, and affective domains using google classroom and product assessments