UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Game “Rel & Fun” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan

Pengembangan Game “Rel & Fun” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Achmad Muarifin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di smp negeri 12 tarakan pada kelas viii. tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk game “rel & fun” berbasis android yang berkualitas sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas viii smp negeri 12 tarakan pada materi relasi dan fungsi. model pengembangan yang digunakan adalah model dick and carey. pada model dick and carey terdiri dari 10 tahapan secara keseluruhan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap 8 yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. tahapannya dimulai dari analisis kebutuhan, tujuan umum dan khusus, mengembangkan instrumen, mengembangkan dan memilih materi/bahan, mengembangkan dan menyusun naskah media, merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif dan revisi. evaluasi produk game “rel & fun” dilakukan sebanyak 5 tahapan yaitu (1) evaluasi oleh ahli media, ahli desain pembelajaran dan ahli materi, (2) uji coba perorangan dengan subjek 1-3 orang siswa, (3) uji coba kelompok kecil dengan subjek 6-8 orang siswa, (4) uji coba lapangan dengan subjek 15-30 orang siswa dan (5) keefektifan media terhadap minat belajar siswa dengan subjek 15-30 orang siswa. hasil analisis menunjukkan bahwa game “rel & fun” yang dikembangkan berdasarkan aspek media memperoleh skor 41 dengan kategori baik, aspek desain pembelajaran memperoleh skor 54 dengan kategori sangat baik dan aspek isi/materi memperoleh skor 31 dengan kategori baik. sedangkan dari hasil penelitian uji coba produk (perorangan, kelompok kecil dan lapangan) game “rel & fun” dari segi aspek kemudahan produk untuk dioperasikan memperoleh kategori sangat baik, aspek kemudahan produk untuk dipelajari memperoleh kategori sangat baik, dan aspek keindahan tampilan memperoleh kategori sangat baik dan keefektifan media terhadap minat belajar siswa memperoleh kategori sangat baik. sehingga game “rel & fun” dapat dikatakan berkualitas untuk digunakan sebagai pembelajaran untuk siswa kelas viii smp negeri 12 tarakan. kata kunci: pengembangan, aplikasi “rel & fun”, model pengembangan dick and carey, berkualitas

Abstrak Indonesia

This type of research is research and development carried out at tarakan 12th middle school in class viii. the purpose of this research is to produce quality android-based "rel & fun" game products as a medium of mathematics learning for grade viii students of smp negeri 12 tarakan on relation and function material. the development model used is the dick and carey discovery model. in the dick and carey model consists of 10 stages in total, but in this study only up to stage 8 is adjusted to the needs of researchers. the stages begin with needs analysis, general and special purposes, developing instruments, developing and selecting materials or materials, developing and compiling media papers, designing and conducting formative evaluations, and summative evaluations and revisions. product evaluation the game "rel & fun" is carried out in 5 stages, namely (1) evaluation by media experts, learning design experts and material experts, (2) individual trials with subjects of 1-3 students, (3) small group trials with subjects of 6-8 students , (4) field trials with a subject of 15-30 students and (5) the effectiveness of the media on students' interest in learning with a subject of 15-30 students. the results of the analysis show that the "rel & fun" game developed based on the media aspect scores 41 in the good category, the learning design aspect scores 54 in the very good category and the content or material aspect scores 31 in the good category. while from the results of product trial research (individuals, small groups and the field) the game "rel & fun" in terms of the ease of operation of the product gets a very good category, the ease of product aspect to be studied gets a very good category, and the beauty aspect of the display gets a very well and the effectiveness of the media on student interest in obtaining excellent categories. so that the game "rel & fun" can be said to be of quality to be used as learning for students of class viii smp negeri 12 tarakan. keywords: development, "rel & fun" application, dick and carey development model, quality