UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Treffinger Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP N 1 Tana Lia

Pengaruh Model Treffinger Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP N 1 Tana Lia

Pengarang : Aslinda

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di smp negeri 1 tana lia. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest - only control design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ix smp negeri 1 tana lia sebanyak 40 orang. pengambilan sampel dilakukan secara teknik sample random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas ix-b sebagai kelas eksperimen dan kelas ix-a sebagai kelas kontrol. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian. data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software spss versi 23.0 for windows. hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen adalah 63,20 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol adalah 42,31 untuk skor maksimal 84. sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample ttest dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) menunjukkan p-value sebesar 0,000. dengan demikian ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model treffinger berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas ix smp negeri 1 tana lia. kata kunci: treffinger, kemampuan pemecahan masalah matematika

Abstrak Indonesia

The aim of this research is to know the influence of treffinger model toward the students’ mathematic problem solving skill. this research was conducted in the odd semester of the 2018/2019 academic year in smp negeri 1 tana lia. this research used quasi experimental design with the posttest-only control group design.the population of this research was all of ninth students at smp negeri 1 tanah lia was 40 students. the samples were taken by using random sampling technique. the sample of this research were ix-b class as the experiment group and ix-a as the control group. the instrument of this research was the problem solving test was written test. in analyzing the data, the researcher used descriptive analyze and independent sample t-test with spss 23.0. the result of this research showed that the mean score of experimental group was 63.20 and the mean score of control group was 43.31 for the maximal score was 84. then, the result of independent t-test with the probability value was 5% (a=0.05) showed p-value was 0,000. in other words, the null hypothesis was rejected and the alternative hypothesis was accepted. based on the explanation above, it can be concluded that the treffinger model gives an influence toward the students’ mathematic problem solving at ninth grade students of smp negeri 1 tana lia. keywords: treffinger, mathematic problem solving