UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Tira Noviana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan. jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan. teknik sampel penelitian ini diambil dengan teknik proportional random sampling. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan software spss 23.0 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa kategorisasi self-regulated learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategorisasi rendah. self-regulated learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas viii smp negeri 9 tarakan dengan persamaan regresi y = 42,876 + 0,171x. kata kunci: self-regulated learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika

Abstrak Indonesia

This research aims to know the effect of self-regulated learning to the ability of mathematical problem solving students in eight grade of smp negeri 9 tarakan. this type of research is quantitative research with survey method. the population of this research was all of the eight grade students of smp negeri 9 tarakan. the sample in this research was taken by proportional random sampling technique. the technique of collecting data in this research were quetionnaire, test, and documentation. the technique of analyzing data was simple regression analyze by software spss 23.0 for windows. the result of this research showed that categorisasion of the self-regulated learning and mathemathical problem solving in low category. self regulated learning gave significance effect toward mathematical problem solving in eight grade students of smp negeri 9 tarakan with the regression equation y = 42,876 + 0,171x. keywords: self-regulated learning, and mathematical problem solving