UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Keterampilan Metakognitif Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas X IPA SMA Negeri Di Tarakan

Hubungan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Keterampilan Metakognitif Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas X IPA SMA Negeri Di Tarakan

Pengarang : Suryana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi gaya belajar siswa kelas x ipa sma terhadap kemampuan berfikir kritis dan menganalisis korelasi gaya belajar terhadap keterampilan metakognitif pada mata pelajaran biologi. jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. populasi dalam penelitian ini adalah 563 siswa kelas x ipa sma negeri tarakan dan sampel penelitian adalah 201 siswa dengan penentuan sampel menggunakan rumus nomogram harry king. keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor dari angket gaya belajar dan tes essay kemampuan berfikir kritis dan keterampilan metakognitif, kemudian dianalisis dengan uji korelasi pearson product moment, untuk mencari korelasi variabel gaya belajar (x) dengan variabel kemampuan berfikir kritis (y1) dan variabel gaya belajar (x) dengan variabel keterampilan metakognitif (y2). hasil penelitian menunjukan bahwa gaya belajar memiliki korelasi positif dengan kemampuan berfikir kritis, dengan gaya belajar visual sebagai gaya belajar yang memiliki tingkat korelasi tertinggi dengan interval koefisien 0,323. gaya belajar kinestetik memiliki interval koefisien 0,212 dan gaya belajar audiovisual tidak memiliki korelasi dengan kemampuan berfikir kritis. gaya belajar memiliki korelasi positif dengan keterampilan metakognitif dengan gaya belajar visual yang memiliki interval koefisien tertinggi yaitu 0,496. gaya belajar kinestetik dengan interval koefisien sebesar 0,302, sementara gaya belajar audiovisual memiliki interval koefisien sebesar 0,168.

Abstrak Indonesia

This study aims to analyze the correlation of learning styles of class x science high school students on critical thinking skills and analyze the correlation of learning styles on metacognitive skills in biology subjects. this type of research is a survey research using descriptive correlational methods. the population in this study was 563 students of class x ipa tarakan senior high school and the study sample was 201 students with the determination of the sample using the harry king nomogram formula. overall data were obtained based on scores from the learning style questionnaire and essay tests of critical thinking skills and metacognitive skills, then analyzed with the pearson product moment correlation test, to look for correlations of learning style variables (x) with critical thinking ability variables (y1) and learning style variables ( x) with metacognitive skills variable (y2). the results showed that learning styles have a positive correlation with critical thinking skills, with visual learning styles as learning styles that have the highest level of correlation with the interval coefficient of 0.323. kinesthetic learning styles have an interval coefficient of 0.212 and audiovisual learning styles do not have a correlation with critical thinking skills. learning styles have a positive correlation with metacognitive skills with visual learning styles that have the highest coefficient interval of 0.496. kinesthetic learning styles with coefficient intervals of 0.302, while audiovisual learning styles have coefficient intervals of 0.168.