UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Anita Sari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn formulate share listen create (fslc) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di smp negeri 5 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. sampel penelitian ini adalah kelas viii-7 sebagai kelas eksperimen dan viii-9 sebagai kelas kontrol. sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa (posttest). data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software spss versi 23.0 for windows. hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 65,40 dan pada kelas kontrol adalah 55,45. hasil analisis statistika inferensial untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan uji independent sampel t-test dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,014 sehingga h0 ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran formulate share listen create (fslc) lebih tinggi secara signifikan dari skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan penerapan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan atau model pembelajaran formulate share listen create (fslc) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. kata kunci: formulate share listen create, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

Abstrak Indonesia

The objective of this study was to find out the effect of learning model formulate share listen create (fslc) on mathematical problem solving abilities of class viii students graders of smp negeri 5 tarakan. this study was conducted on the uneven semester of the academic year 2019/2020 at smp negeri 5 tarakan. this study was a quasi experimental research by post-test only control design. the population of this study was all class of the viii grade students in smp negeri 5 tarakan. the sample of this study was viii-7 as an experimental class and viii-9 as a control class. the sample was taken by using simple random sampling. data collection was carried out by using tests of students mathematical problem solving abilities. the data was analyzed by using statistical analysis with the help of spss software 23.0 application version for windows. the result of descriptive statistical analysis showed that the mean scores of mathematical problem solving abilities based on the post-test result data in the experimental class 65,40 and the control class was 55,45. the result of inferential statistical analysis for mathematical problem solving abilities used independent sample t-test with significant level 5% (? = 0,05) obtained p-value was 0,014 therefore it means that h0 was rejected. it can be concluded that the mean scores of mathematical problem solving abilities who were given treatment using learning model formulate share listen create (fslc) was significantly higher than the mean scores of mathematical problem solving abilities who were given the application of conventional way at the viii students graders of smp negeri 5 tarakan or learning model formulate share listen create (fslc) had an effect on mathematical problem solving abilities. keywords: formulate share listen create (fslc), and student’s mathematical problem solving ability