UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Pengarang : Mira Susanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya 1) pengaruh pendekatan pembelajaran (pmr dan konvensional) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, 2) pengaruh gaya kognitif field dependent (fi) dan gaya kognitif field independent (fi) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, 3) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran (pmr dan konvensional) dengan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas vii smp negeri 3 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di smp negeri 3 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×2. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas vii smp negeri 3 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas vii-6 sebagai kelas kontrol dan vii-2 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan tes gaya kognitif siswa. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran (pmr dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan nilai p-value 0,001, gaya kognitif field dependent (fi) dan field independent (fi) tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan nilai p-value 0,160, dan tidak ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas vii smp negeri 3 tarakan dengan nilai p-value 0,408. kata kunci: pendidikan matematika realistik (pmr), kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, gaya kognitif siswa

Abstrak Indonesia

This study aims to determine 1) the effect of the learning approach (pmr and conventional) on students 'mathematical problem solving abilities, 2) the influence of the cognitive style of field dependent (fi) and cognitive style field independent (fi) on students' mathematical problem solving abilities, 3) the effect of interaction between learning approaches (pmr and conventional) with the cognitive style of students towards the ability to solve mathematical problems in class vii students graders of smp negeri 3 tarakan. this research was conducted in the even semester of smp negeri 3 tarakan in academic year 2018/2019. the type of research used in this study was a quasi-experimental 2 × 2 factorial design. the population in this study were all class vii students graders of smp negeri 3 tarakan. sampling was done in simple random sampling. the sample in this study was class vii-6 as the control class and vii-2 as the experimental class. data collection was carried out by using tests of students 'mathematical problem solving abilities and students' cognitive style tests. the data analysis technique used descriptive and inferential analysis. descriptive analysis includes the average calculation and standard deviation. inferential analysis uses two-way variance analysis. based on the results of the analysis with a significant level of 5% it can be concluded that the learning approach (pmr and conventional) influences students' mathematical problem solving abilities with p-value 0.001, cognitive style of field dependent (fi) and field independent (fi) does not affect solving ability students 'mathematical problems with a p-value of 0.160, and there was no effect of the interaction between the learning approach and students' cognitive style on mathematical problem solving abilities in class vii students graders of smp negeri 3 tarakan with a p value of 0.408. keywords: realistic mathematics education (pmr), students' mathematical problem solving ability, and student cognitive style