
The Correlation Between Parental Involvement And English Achievement At Eighth Grade Students SMPN 1 Tarakan
Pengarang : Ardebellia Ayu Fitria Andini
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan orang tua dengan hasil belajar bahasa inggris kelas viii di smpn 1 tarakan. desain penelitian ini menggunakan eksplanatori. penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. objek dalam penelitian ini adalah kelas viii-1 yang memiliki nilai tertinggi dan kelas viii-5 yang memiliki nilai terendah. dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa. pada penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu kuesioner dan dokumen analisis. dalam menganalisis data, peneliti menggunakan pearson product moment menggunakan spss 24.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara keterlibatan orang tua terhadap prestasi bahasa inggris siswa. ini dibuktikan dari hasil distribusi angket dari siswa, ada 30 siswa yang memiliki klasifikasi sedang dengan persentase 51% itu berarti sebanyak 30 siswa (51%) memiliki keterlibatan dalam pembelajaran bahasa inggris. kemudian hasil dari distribusi angket dari orang tua, ada 22 orang tua yang memiliki klasifikasi medium persentase 37% itu berarti keterlibatan orang tua dalam prestasi bahasa inggris siswa pada klasifikasi sedang. selain itu hasil dari nilai bahasa inggris, terdapat 29 siswa berada di kategori baik dengan persentase 49%, itu berarti prestasi bahasa inggris siswa dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua. berdasarkan penjelasan di atas, hasil dari korelasi uji 2 arah lebih rendah dari tingkat signifikansi yaitu 0.012 < 0.05 yang menunjukkan adanya hubungan antara keterlibatan orang dengan prestasi bahasa inggris. kemudian hasil dari perhitungan menggunakan pearson product moment menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0.323 > 0.256 dengan kata lain ha diterima and ho ditolak yang membuktikan bahwa terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi bahasa inggris siswa dan dari tingkat korelasi koefisien memiliki hubungan yang rendah pada siswa kelas delapan di smpn 1 tarakan.
Abstrak Indonesia
The purpose of this research was to find out the correlation between parental involvement and english achievement at eighth grade students smpn 1 tarakan. the design of this research used explanatory correlation. the sample using purposive sampling technique. the objects in this research were class viii-1 has the highest score and class viii-5 has the lowest score. the total of the sample in this research were 59 students. the technique of collecting data in this research used three instruments two were questionnaire and document analysis. in analyzing the data, the researcher used pearson product moments with spss 24.0 the results showed that there was a correlation between parental involvement and students' english achievement. it was proven from the results of students’ questionnaire distributed, there were 30 students have medium classification with percentage were 51% it means there were 30 students (51%) have parental involvement of english achievement. than the results of parents’ questionnaire distributed, there were 22 parents have medium classification with percentage were 37%, it means the parental involvement in english achievement student on classification was medium. beside that, the results of the english score, there were 29 students have good category with percentage were 49%, it means the students of english achievement affected by parental involvement. based on the explanation above, the results of the sig.2 tailed was lower than the level of significant was 0.012 < 0.05, it showed there were have a correlation between parental involvement with english achievement. then from the results of the person correlation showed r count was higher than r table was 0.323 > 0.256, on the other words, ha was accepted and ho was rejected which proved that there were have a correlation between parental involvement and students' english achievement and from the level of correlation the coefficient was low correlation in eighth grade students in smpn 1 tarakan.