
Improving Students Reading Comprehension Through Scanning And Skimming Techniques For Students In SMA Muhammadiyah Tarakan
Pengarang : Rahmawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan siswa dalam pemahaman membaca melalui teknik scanning dan skimming pada siswa sma muhammadiyah tarakan. penelitian ini berbentuk percobaan (eksperimen semu). peneliti menggunakan dua kelas dalam penelitian ini. peneliti membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen apakah ada perbedaan dan peningkatan sebelum dan sesudah perlakuan teknik. kelas kontrol diberikan perlakuan dengan teknik skipping dan paraphrasing sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan teknik scanning dan skimming. subjek penelitian ini adalah kelas xi iis 3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 27 siswa dan kelas xi iis 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 26 siswa. instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes membaca berupa pra ujian dan pasca ujian. disamping itu peneliti menggunakan deskriptif analisis untuk menganalisis data dan spss 22.0 digunakan untuk inferential analisis. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor rata-rata antara pra ujian dan pasca ujian antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa. rata-rata skor yang diperoleh siswa dikelas eksperimen di pra ujian adalah 47,59 dan pasca ujian adalah 63,70. sedangkan rata-rata skor yang diperoleh siswa dikelas kontrol di pra ujian adalah 55,19 dan pasca ujian adalah 60,00. dapat dilihat kedua kelas mengalami peningkatan meskipun diberikan perlakuan yang berbeda, tetapi perbandingan diantara kelas kontrol dan eksperimen, kelas eksperimen memperoleh peningkatan yang lebih tinggi setelah di berikan perlakuan teknik scanning dan skimming dibandingkan kelas kontrol yang diberikan perlakuan teknik skipping dan paraphrasing. artinya kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 16,11 poin. hasil dari independent sample ttest pada pasca ujian menunjukkan bahwa hasil ttest (1,707) lebih tinggi dari ttable (1,675). hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman membaca siswa setelah menggunakan teknik scanning dan skimming. kemudian dapat disimpulkan bahwa teknik scanning dan skimming dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di sma muhammadiyah tarakan.
Abstrak Indonesia
The purpose of this research was to find out the students reading comprehension improvement through scanning and skimming techniques for students in sma muhammadiyah tarakan. this research was quasi experiment. in this research, the researcher used two class. the researcher compared control class and experiment class whether there was any difference and improvement before and after giving treatment. the control class was given by skipping and paraphrasing techniques, meanwhile experiment class was given by scanning and skimming techniques. the subject of this study were xi iis 3 as the experiment class there were 27 students and xi iis 2 as the control class there were 26 students. the instruments were reading test that included pretest and posttest. besides that, the researcher used descriptive analysis to analyze the data and spss veersion 22.0 for inferential analysis. the result of this research indicated that there were differences between pretest and posttest in both of the class. it was proven by the result of the students mean score. the students mean score in experiment class of pretest was 47,59 and posttest was 63,70. on the other hand, the students mean score in control class of pretest was 55,19 and posttest was 60,00. it can be seen from both of the class were have improvement. eventhough, the treatment was different, but the comparison between control and experiment class, the experiment class was got higher improvement after giving the treatment by using scanning and skimming techniques, ratherthan the control class that was given by using skipping and paraphrasing techniques. it means that in experiment class the improvement of the students mean score was 16,11 point. the result of independent sample ttest in posttest showed that ttest (1,707) higher than ttable (1,675). the result of this research there was the students reading comprehension was improve after using scanning and skimming techniques. then it can be concluded that scanning and skimming can improve the students reading comprehension for studnts in sma muhammadiyah tarakan.