
Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Metode Outdoor Study Melalui Teknik Imajinatif Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sebatik Tengah
Pengarang : Radia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas dengan menggunakan metode outdoor study melalui teknik imajinatif pada siswa kelas viii-b smp negeri 1 sebatik tengah jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di smp negeri 1 sebatik tengah pada semester i tahun ajaran 2018/2019. subjek penelitian adalah siswa kelas viii-b smp negeri 1 sebatik tengah yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran outdoor study melalui teknik imajinatif dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas viii-b smp negeri 1 sebatik tengah. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. pada siklus i, ketuntasan hasil belajar siswa ranah afektif sebesar 32% dan ranah kognitif sebesar 63%. selanjutnya pada siklus ii hasil belajar siswa ranah afektif meningkat menjadi sebesar 87,5% hal ini dikarenakan siswa telah menanamkan karakter atau sifat yang baik di dalam pembelajaran, selanjutnya ranah kognitif sebesar 100% hal ini dikarenakan siswa dapat menyesuaikan antara judul dan isi, pemilihan diksi, permajasan serta pengimajian dalam membuat sebuah puisi bebas. pada nilai ketuntasan 100% dapat dilihat berdasarkan jumlah siswa yang telah mencapai kkm dengan nilai standar kkm 75 hingga nilai 96. perolehan nilai yang didapat oleh siswa berdasarkan hasil dari skor yang diperoleh dikali 100 dan dibagi dengan skor maksimal. dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode outdoor study melalui teknik imajinatif dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia, khususnya aspek keterampilan menulis puisi bebas dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi