
Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Herman
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2011Abstrak Indonesia
Pendidikan merupakan faktor pendukung yang memegang peran di segala sektor. keputusan memilih oleh mahasiswa dipengaruhi oleh bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi dan tempat. permasalah dalam penelitian ini antara lain: sejauh mana pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa fakultas ekonomi universitas borneo tarakan. teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori tentang strategi bauran pemasaran jasa, prilaku konsumen dan keputusan pembelian. pendekatan dalam penelitan ini adalah deskriptif dan kuantitatif yang didukung survey, bersifat eksplanatory, dimana variable diukur dengan likert. metode pengumpulan data dengan daftar pertanyaan dan wawancara kepada 150 responden di fakultas ekonomi. metode analisis regeresi berganda untuk mnguji hipotesis digunakan uji fpada tingkat kepercayaan 95%, ? = 0,05, koefesien determinasi (r²) hasil regresi adalah 0,294, menunjukan bahwa variable bebas ( produk, harga, promosi dan tempat) mampu menjelaskan 0,294 atau 29.4% terhadap variable terikat (keputusan memilih). berdasarkan analisis dengan menggunkan program spss 11.5 for windows untuk menghitung koefisien korelasi atau derajat hubungan dan keeratan hubungan atau pengaruh variabel kompensasi (x) dengan produktivitas kerja (y), didapatkan hasil bahwa r= 0,542. pemanfaatannya menunjukkan r > 0, yang berarti terjadi hubungan linear positif, yaitu semakin besar variabel x maka semakin besar pula variabel y nya, bigitu pula sebaliknya. untuk membuktikan hipotesis yang diajukan apakah diterimah ataupun ditolak maka dilakukan perhitungan uju t dengan hasil t menggunkan program spss 11.5 for windows mendapatkan hasil fhitung= 15.107. adapun hasil tt = 2,34. selanjutnya kedua nilai tadi dibandingkan dan ternyata dapat diketahui bahwa fh = > ft = 2,34, maka dengan demikian ho diterimah dan hi ditolak, yang berarti bahwa berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa mmemilih fakultas ekonomi universitas borneo tarakan. berdasarkan analisis dengan menggunkan program spss 11.5 for windows dihasilkan persamaan y = 1.787 + 0.224 (x1) + 0.063 (x2) + 0.207 (x3) + 0.114 (x4). hal ini menunjukan dan membuktikan bahwa bauran pemasaran produk, harga, promosi dan tempat sangat berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih fakultas ekonomi universitas borneo tarakan.
Abstrak Indonesia
Education is the motivating factors that play role in all sectors. the decision to choose the marketing mix consisting of: product, price, promotion and place. the problem in this research include: how far the influence of mix marketing at student decisions in the economic faculty at the borneo university. the theory was used in this study was the theory of service mix marketing strategy, consumer behavior and purchasing decisions. the approach in this research is descriptive and quantitative which supported by survey, explanatory, where the variables measured by likert. the methods of data collection are using questionnaires and interviews to 150 respondents in the faculty of economics. the method of multiple regression analysis to test the hypothesis used the f test at 95% confidence level ? = 0, 05, coefficient of determination (rr ^ 2) the results of the regression is 0.294, indicating that the free variables (product, price, promotion and place) can explain 0.294 of bound variable (the decision to choose). based on analysis using the program spss 11.5 for windows to calculate the correlation coefficient or degree of relationship and the relationship or variable compensation (x) with crimes productivity (y), obtained the result that r = 0.524. the advantage shows r> 0, which means there is a positive linear relationship, that is, the greater the variable x the greater its variable y. to prove the hypothesis that raised whether accepted or rejected, the t test calculation with the results of t count. the results of t test using spss 11.5 for windows programs get results fh = 15 107 while tt = 2,34. furthermore, these two values were compared and it can be seen that fh => ft = 2,34, then thereby ho is accepted and hi is rejected, which means that significantly influence students' decision to choose the faculty of economics at tarakan borneo university. based on the analysis using spss 11.5 for windows produced the equation y = 1787 + 0224 (x1) + 0063 (x2) + 0207 (x3) + 0114 (x4). this shows that the mix marketing of product, price, promotion and place is very influential on students' decision to choose the economic faculty of tarakan borneo university.