
Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Kisah Dari Tapal Batas Negeri Karya Sofie Dewayani Kajian Sosiologi Sastra
Pengarang : Yobel Parisa Katik
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis buku kisah dari tapal batas negeri. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari buku kisah dari tapal batas negeri. data penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku kisah dari tapal batas negeri. data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik baca, menandai, dan catat. artinya peneliti membaca teks secara keseluruhan dan menandai serta mencatatan dengan cermat dan teliti. berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku kisah dari tapal batas negeri di temukan 118 data. nilai pendidikan karakter terdiri dari 18 nilai pendidikan karakter di antaranya religius, jujur, toleransi, dsiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. nilai pendidikan karakter yang terbanyak bedasarkan klasifikasi adalah nilai bersahabat/komunikatif yaitu sebanyak 24 data bersahabat/komunukatif merupakan tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. nilai kreatif sebanyak 24 data kreatif merupakan tindakan berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatau yang telah dimiliki. nilai kerja keras sebanyak 23 data kerja keras menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. nilai menghargai prestasi sebanyak 18 data. menghargai prestasi merupakan sikap dan tindakan mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. nilai religius sebanyak 15 data religius merupakan sikap dan perilaku yang patuh dan melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain. nilai tanggung jawab sebanyak 14 data tanggung jawab sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap dirinya maupun oranga lain dan lingkungan sekitarnya.
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to analyze the book of kisah dari tapal batas negeri. the method used in this research was descriptive qualitative. sources of data in this study were the book of kisah dari tapal batas negeri. the data of this study was the value of character education contained in the book of kisah dari tapal batas negeri. the data in this study were obtained by reading, marking and taking notes. this means that researcher read the text as a whole and marked and noted carefully and thoroughly. based on the results of this study it was concluded that there were 118 data related to the value of character education in the book of kisah dari tapal batas negeri. the value of character education consisted of 18 points including religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, national spirit, love of the motherland, respect for achievement, friendly / communicative, love peace, love reading, care about the environment, care about social, and responsibility. the most character education value based on classification was friendly / communicative with 24 data. friendly / communicative is an act that shows a sense of pleasure in talking, socializing, and cooperating with others. creative value had 24 data. creative is the act of thinking and doing something to produce a new way or result from something that is already owned. the value of hard work had 23 data. hard work shows earnest effort in overcoming various learning barriers and assignments, and completing tasks as well as possible. the value of rewarding achievement had 18 data. appreciating achievement is an attitude and action encouraging him to produce something that is useful for the community, and recognizes, and respects the success of others. religious value had 15 data. religious is an attitude and behavior that obeys and implements the teachings of the religion it adheres to, tolerant of the implementation of the worship of other religions. the value of responsibility had 14 data. responsibility is the attitude and behavior of a person to carry out their duties and obligations, which they should do, to themselves or others and the surrounding environment.