
Pelaksanaan Layanan Home Visit Pada Masa New Normal Pandemi Covid 19 Di SMA Muhammadiyah Tarakan Tahun Ajaran 2021/2022
Pengarang : Suheri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan home visit pada masa new normal pandemi covid-19 di sma muhammadiyah tarakan tahun ajaran 2021/2022. layanan home visit merupakan layanan pendukung dari kegiatan bimbingan dan konseling yang memiliki pengaruh besar dalam mengatasi permasalahan belajar siswa, memberikan dampak positif bagi keluarga, dan memberikan manfaat jangka panjang untuk perkembangan anak dimasa pandemi covid-19. layanan home visit dimana guru bimbingan dan konseling mengumpulkan informasi permasalahan siswa dan memerlukan layanan home visit. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. subjek penelitian yaitu informan utama dalam penelitian ini dalam penelitian ini adalah dua orang guru bimbingan dan konseling. teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini pelaksanaan layanan home pada masa new normal pandemi covid-19 di sma muhammadiyah tarakan tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan dengan baik, karena guru bimbingan dan konseling mengimplementasikan kegiatan home visit sebagai layanan pendukung bimbingan dan konseling melalui beberapa tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis dan hasil, evaluasi, tindak lanjut dan pelaporan. kata kunci: pelaksanaan layanan home visit
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to determine the implementation of home visit services during the new normal period of the covid-19 pandemic at sma muhammadiyah tarakan in the 2021/2022 academic year. .home visit service is a support service for guidance and counseling activities that have a major influence in overcoming student learning problems, have a positive impact on families, and provide longterm benefits for children's development during the covid-19 pandemic. home visit services where guidance and counseling teachers collect information on student problems and require home visit services. the method used in this research is descriptive qualitative. the research subjects are the main informants in this study in this study were two guidance and counseling teachers. data collection techniques are observation, interviews and documentation. while the data analysis techniques used in this research are data reduction, data presentation and conclusion drawing. .the results of this study the implementation of home services during the new normal period of the covid-19 pandemic at sma muhammadiyah tarakan for the 2021/2022 academic year was carried out well, because guidance and counseling teachers implemented home visit activities as guidance and counseling support servicesthrough several stages, namely planning, implementation, evaluation, analysis and results, evaluation, follow-up and reporting. keywords: implementation of home visit service