
Survei Pemahaman Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Bimbingan Kelompok Jurusan Bimbingan Dan Konseling Di Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Nanda
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah bimbingan kelompok jurusan bimbingan dan konseling di universitas borneo tarakan. mata kuliah bimbingan kelompok merupakan salah satu mata kuliah mencakup pembelajaran yang akan mengarah pada peningkatan pemahaman diri, teknik pemecahan masalah yang lebih baik. bimbingan kelompok merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan pada individu dalam situasi kelompok. bimbingan kelompok ditunjukan untuk mencegah perkembangan masalah pada siswa serta mengembangkan potensi pada diri siswa.. pemahaman mengenai bimbingan kelompok perlu memperhatikan beberapa indikator yaitu konsep dasar bimbingan dan konseling kelompok, kepemimpinan dinamika bimbingan kelompok, komunikasi yang efektif, tahapan dinamika bimbingan kelompok, dan praktek kegiatan dinamika bimbingan kelompok. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2017 universitas borneo tarakan. teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel populasi total sebanyak 62 mahasiswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan analisis statistik deskrptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah bimbingan kelompok, mencapai 71% atau dapat dikatakan baik, artinya pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah bimbingan kelompok sudah cukup sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan. kata kunci: mata kuliah bimbingan kelompok
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to determine the student's understanding of the guidance and counseling department group guidance course at the university of borneo tarakan. the group guidance course is one of the courses that includes learning that will lead to increased self-understanding, better problem-solving techniques. group guidance is the process of providing assistance to individuals in group situations. group guidance is shown to prevent the development of problems in students and develop the potential of students. this research uses quantitative research with a survey approach. the population in this study were all guidance and counseling students of the class of 2017 at the university of borneo tarakan. the sampling technique used in this study was a total population sample of 62 students. data collection techniques using a questionnaire. and the data analysis technique used descriptive statistical analysis. the results showed that students' understanding of group guidance courses reached 71% or it could be said to be good, meaning that students' understanding of group guidance courses was sufficient in accordance with the established mechanism. keywords: group guidance course