UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penanaman Karakter Sopan Santun Di SDS Muhammadiyah III Al-Hilal Tarakan

Penanaman Karakter Sopan Santun Di SDS Muhammadiyah III Al-Hilal Tarakan

Pengarang : Rahayu

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini di lakukan untuk mendeskripsikan penanaman karakter sopan santun di sds muhammadiyah iii al-hilal tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang di laksanakan di sds muhammadiyah iii al-hilal tarakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. penelitian ini difokuskan pada peran guru dalam menanamkan karakter sopan santun sumber data dalam penelitian ini mencakup data primer dan data sekunder dengan informan guru kelas dua, enam, kepala sekolah, satu siswa kelas dua dan satu siswa kelas enam. teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa lembar wawancara, observasi dan dokumentasi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sebagai motivator, pengarah, fasilitator, dan evaluator sudah berjalan sangat baik dalam menjalani perannya tersebut di lihat dari hasil wawancara dan observasi yang telah di lakukan kepada guru, kepala sekolah, dan siswa dimana guru sebagai motivator sudah melakukan perannya sebagai motivator seperti memberikan motivasi, nasihat kepada siswanya. sebagai pengarah guru sudah melakukan perannya sebagai pengarah seperti mengarahkan siswanya agar berbuat hal yang baik terutama dalam bersikap. sebagai fasilitator guru sudah melakukan perannya sebagai fasilitator dengan memberikan fasilitas seperti cara belajar yang baik dan juga mudah untuk siswa pahami. sebagai evaluator guru sudah melakukan perannya sebagai evualuator dengan cara mengevaluasi siswanya dan juga memberikan penilaian yang sesuai dengan hasil evaluasinya dan di tulis di rapot. kata kunci: peran guru, sopan santun, kualitatif, sekolah dasar

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to describe how politeness character developed at sds muhamadiyah iii al-hilal tarakan. this type of research used qualitative data collection at sds muhammadiyah iii al-hilal trakan during the even semester of the 2020/2021 academic year. the topic of this study was the role of the teacher in teaching politeness characters. the data sources in this study were primary and secondary data from second and sixth grade teachers informants, the principal, one second grade student, and one sixth grade student. interview sheets, observations, and documentation were employed as data collection strategies. the result of this study showed that teachers as motivators, directors, facilitators, and evaluators had done an excellent job in carrying out their roles, as seen by the result of interviews conducted with teachers, principals, and students, where teachers as a motivator always gave motivation and advice to his students, where teachers as a motivator always gave motivation and advice to his students. furthermore, the teacher, as a director, consistently encouraged his students to achieve positive things, particularly in his attitude. besides, the teacher’s role as a facilitator gave benefits such as a nice learning environment that was also simple to comprehend for students. the teacher's role as an evaluator had attempted to play a part in constantly reviewing his students and offering an assessment that was consistent with the outcomes of his evaluation. keywords: teacher’s role, politeness, elementary school