UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 3 Tarakan

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 3 Tarakan

Pengarang : Harapan Hasiholan Data Sinaga

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sma negeri 3 tarakan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. informan penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling sebagai informan utama a. teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan sebagai upaya penanganan masalah siswa di sma negeri 3 tarakan dilaksanakan dengan baik, karena guru bimbingan dan konseling mengimplementasikan penanganan masalah motivasi belajar siswa yang rendah. sebagai layanan pendukung bimbingan dan konseling melalui beberapa tahapan, pengelompokan siswa berdasarkan karakter, pemanggilan siswa dan orang tua, pelaksanaan home visit pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut. kata kunci: upaya, motivasi

Abstrak Indonesia

The purpose of the research was to determine the efforts of guidance and counseling teacher in increasing the student's learning mottivation at sma negeri 3 tarakan in conducting the research, the researcher used descriptive qualitative. the informants of the research were guidance and counseling teachers as the main informants. data collection techniques were observation, interview and documentation. the techniques of analyzing data were data reduction, data presentation and taking conclusions. the results of the research showed that the effort to deal with the student problems at sma negeri 3 tarakan was carried out well, because the guidance and counseling teachers implemented the handling of problems with low student motivation. as the support service for guidance and counseling through several stages: grouping students based on the character, calling student and parents, implementing home visits, analyzing of evaluation results, and follow-up. keywords: effort, motivation