
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Lulita Rahim
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimential design dengan desain penelitian posttest only control desain. variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran creative problem solving dan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. populasi a pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp muhammadiyah 2 tarakan. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan didapatkan sampel yaitu kelas viii-c sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 siswa dan kelas viii-a sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes pemahaman konsep matematika siswa (posttest). data dianalisis menggunakan analisis statistika dengan bantuan software spss versi 23.0 for windows. hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 76,95 dan pada kelas kontrol adalah 64,76 . hasil analisis statistika inferensial untuk kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan uji independent sampel t-test dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,02019 sehingga h0 ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (cps) lebih tinggi secara signifikan dari skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberikan penerapan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas viii-a smp muhammadiyah 2 tarakan atau model pembelajaran creative problem solving (cps) berpengaruh terhadap kemampuan pemmahaman konsep matematika. kata kunci: creative problem solving, pemahaman konsep
Abstrak Indonesia
This research was a quasi experimental design study using simply a posttest control design. the creative problem solving learning approach was the independent variable in this study, and the capacity to understand students mathematical concept was the dependent variable. all eight-grade students at smp muhammadiyah 2 tarakan were included in this study. the sample size was obtained using a simple random sampling procedure, with class viii-c served as the control class with 22 students and class viii-a served as the control class with 21 students. the test for student’s understanding on mathematical concept was used to collect data in this study (posttest). the data was examination using statistical analysis revealed that the average score of students’ capacity to understand mathematical concepts in the experimental class was 76.95, whereas the average score in the control class was 64.76. inferential statistical result of students’ capacity to understand mathematical concepts using the independents sample t-test with a significant level of 5 % (? = 0.05) obtained a p-value of 0.02019m rejecting h_0. as a result, the average score of students’ ability to understan mathematical concepts when they were treated with the creative problem solving (cps) learning model mas significantly higher than the average score of students ability to understand mathematical concepts when traditional learning mdels were applied to the students viii-a smp muhammadiyah 2 tarakan or the ability to absorb mathematical concepts was influenced by the creative problem solving (cps) learning model. keywords: creative problem solving, concept understanding