
The Effect of Learning Independence and Learning Creativity towards English Achievement of the Eighth Grade Students of SMPN 1 Lumbis
Pengarang : Dewi Fitriani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris di kelas delapan smp negeri 1 lumbis. peneliti menggunakan metode survei kuantitatif. siswa kelas delapan smp negeri 1 lumbis sebagai populasi dengan jumlah 168. sampel sebanyak 118 siswa dari lima kelas menggunakan teknik random sampling, dimana digunakan rumus slovin untuk menentukan perwakilan siswa dari setiap kelas. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. data dari kuesioner dianalisis dengan menggunakan prosedur deskriptif dan inferensi. regresi linier berganda adalah analisis inferensial utama. analisis berbasis konten digunakan untuk menganalisis data dari wawancara. ada tiga hasil yaitu: (1) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar bahasa inggris dimana nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikansi (0.000 0.05), dan (3) kemandirian belajar dan kreativitas belajar secara simultan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar bahasa inggris. dimana nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikansi (0.000< 0.05) dan memiliki kontribusi 30.5% terhadap prestasi bahasa inggris. selain itu, faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar bahasa inggris siswa adalah kurangnya fasilitas pembelajaran online seperti koneksi internet yang tidak stabil, paket data internet, dan kurangnya kreativitas belajar untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran bahasa inggris yang terlihat dari siswa yang tidak menguasai satu atau lebih keterampilan bahasa inggris membuat siswa merasa kurang memahami dan kesulitan dalam belajar bahasa inggris.
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to see whether there was a link between learning independence, learning creativity, and english learning achievement at the eighth grade students of smpn 1 lumbis. the method utilized by the researcher was a quantitative survey. the population of eighth grade students at smpn 1 lumbis was 168 students. a random selection procedure was employed to select 118 students from five classes, and the slovin formula was utilized to pick student representatives from each class. questionnaires and interviews were used to gather information. the results of the survey were analyzed using descriptive and inferential approaches. the major inferential analysis was multiple linear regression. the data from the interview was analyzed using content-based analysis. there were three findings: (1) learning independence had a positive effect on english achievement where the probability value was less than the significance level (0.000 < 0.05), (2) learning creativity did not have a positive effect on english achievement where the probability value was greater than the significance level (0.141 > 0.05), and (3) learning independence and creativity at the same time had a favorable impact on english learning achievement where the probability value was less than the significance level (0.000 < 0.05) and had a 30.5% contribution to english achievement. other factors that affected students' english learning achievement included a lack of online learning facilities, such as unstable internet connections and internet data packages, as well as a lack of learning creativity to solve problems in learning english, as seen at students who did not master one or more skills. the students found it challenging to learn english because they had limited understanding.