
Peran Kepala Sekolah SD Negeri 005 Tarakan Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19
Pengarang : Hadijah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sd negeri 005 tarakan dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. fokus dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah sd negeri 005 tarakan dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, pengawas, dan guru. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sd negeri 005 tarakan telah melaksanakan perannya yaitu: (1) sebagai educator dengan melihat proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru dan melakukan pembinaan kepada guru dengan memberikan saran-saran kepada guru, (2) sebagai manager dengan menyusun program pembelajaran daring berupa jadwal pembelajaran secara daring dan luring, melakukan kontrol terhadap kegiatan belajar mengajar, dan membekali guru untuk menambah wawasan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti melakukan pelatihan pembuatan rpp daring, (3) sebagai administrator dengan terampil dalam mengelola kurikulum di masa pandemi covid-19 dan mengelola sarana prasarana pembelajaran daring, (4) sebagai supervisor dengan melakukan kontrol terhadap kelengkapan administrasi guru dan proses pembelajaran yang dilakukan guru baik secara daring maupun luring serta membangkitan semangat dan memotivasi guru dalam melengkapi seluruh administrasi pembelajaran daring, (5) sebagai leader dengan menggerakkan seluruh guru di sekolah sehingga pembelajaran daring dapat berjalan dengan lancar dan (6) sebagai innovator dengan memberikan saran-saran kepada guru terkait penggunaan aplikasi pembelajaran yang lebih variatif. kata kunci: peran kepala sekolah, pembelajaran daring, pandemi covid-19
Abstrak Indonesia
This study was conducted to describe the role of the principal of sd negeri 005 tarakan in online learning during the covid-19 pandemic. this type of research uses descriptive qualitative research. this research focuses on the role of the principal of sd negeri 005 tarakan in online learning during the covid-19 pandemic. the study data source was primary and secondary data with some informants: principals, supervisors, and teachers. data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. this research data was analyzed through data reduction, presentation, and concluding. the results showed that the principal had carried out the roles; (1) as an educator by observing the online learning process conducted by teachers and guiding teachers by providing suggestions, (2) as a manager by developing programs online and offline learning schedules, controlling teaching and learning activities, and equipping teachers to develop science and technology skills by conducting training on making online lesson plans, (3) as administrators by managing curriculum during a pandemic covid-19 and online learning infrastucture, (4) as a supervisor by controlling the completeness of teacher administration and the learning process carried out by teachers both online and offline as well as generating enthusiasm and motivating teachers in completing all online learning administration, (5) as as a leader by mobilizing all teachers in the school so that online learning can run smoothly and (6) as an innovator by providing suggestions to teachers regarding the use of more varied learning applications. keywords: principal's role, online learning, covid-19 pandemic